5 Serangga yang Menjadi Zombie di Dunia Nyata

Jum'at, 25 Februari 2022 - 09:48 WIB
Semut zombi setelah otaknya dimanipulasi oleh jamur Ophiocordyceps unilateralis. Foto: David Hughes/Penn State University
JAKARTA - Zombie biasanya hanya terjadi di film Hollywood atau Korea. Tapi, sebenarnya di dunia hewan, fenomena itu cukup biasa. Banyak hewan ataupun parasit yang menyerang hewan lain, dan membuat inangnya tak berdaya seperti zombie . Nah, apa saja?

1. Kutu Kayu



Namanya beragam. Ada yang menyebutnya kutu kayu (Wood Louse), Roly Poly, serangga Armadillo, dan juga kutu kentang (Potato bug). Biarpun punya banyak nama

Serangga ini menjadi zombie ketika diambil alih oleh parasit bernama Acanthocephalon (Plagiorhynchus cylindraceus). Parasit tersebut biasa hidup di saluran usus burung yang disebut jalak, dan dikeluarkan langsung ke rahang Kutu Kayu. Kok bisa? Karena Kutu Kayu ini sangat menyukai kotoroan burung.



Begitu ada di dalam tubuh Kutu Kayu, parasit mengambil alih otak dan bisa menyuruh serangga zombi itu melakukan hal-hal gila. Seperti membuat keberadaannya diketahui secara luas oleh pemangsanya. Parasit itu kemudian menemukan serangga lain untuk pengendalian pikiran.



2. Kecoa Amerika

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More