5 Serangga yang Menjadi Zombie di Dunia Nyata

Jum'at, 25 Februari 2022 - 09:48 WIB
Korban zombifikasi kali ini adalah kecoak, hewan yang mungkin paling dibenci di dunia. Penjahatnya: tawon. Racun tawon membuat kecoa tidak bisa bergerak. Setelah diseret ke sarang tawon, kecoa tetap hidup meski perutnya sudah ditanami telur tawon. Larva kemudian menetas dan memakan kecoa yang masih hidup tetapi tidak berdaya. Sebulan kemudian, tawon dewasa terbang menjauh dari tempat kejadian, hanya menyisakan bangkai yang membusuk.

3. Semut



Semut zombie yang telah dihinggapi jamur yang memanipulasi otak (Ophiocordyceps unilateralis s.l.) Foto: David Hughes/Penn State University

Ilmuwan menemukan empat jenis baru jamur pemakan tubuh yang memangsa semut tukang kayu. Jamur menginfeksi semut dan kemudian mulai menggunakan sinyal kimia untuk mengarahkan semut ke jalur yang sangat aneh.

Semut zombi itu kemudian meninggalkan koloninya, dan mencengkeram bagian bawah daun tempat ia tinggal. Ketika akhirnya mati saat jamur menyebar di sekitar tubuh semut, jamur menghasilkan tangkai dari kepala zombie yang mati dan mengeluarkan spora, mencoba memikat semut lain.

4. Kepiting



Hewan laut teritip (bernacle) betina ingin bersarang di dalam kepiting. Jadi, ia mencari-cari tempat untuk masuk. Dan ketika melakukannya, ia meninggalkan tubuh teritip tuanya. Teritip membuat rumah kecil yang bagus yang terlihat seperti tumor, menjulurkan sulur melalui tubuh kepiting dan perlahan memakan inangnya.

Setelah membunuh organ seks di tempat tinggal barunya, teritip membuat kepiting seperti babysitter. Kepiting kehilangan minat pada apa pun selain melayani si teritip. Teritip membuat lubang di cangkang kepiting dan mengundang jantan yang bersedia untuk datang dan kawin.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More