Ini Perbedaan Katak dan Kodok yang Jarang Diketahui

Senin, 07 Maret 2022 - 19:29 WIB
Perbedaan katak dan kodok ternyata cukup mencolok, padahal selama ini orang menganggap katak itu sama dengan kodok. Foto/dok
JAKARTA - Perbedaan katak dan kodok ternyata cukup mencolok, padahal selama ini orang menganggap katak itu sama dengan kodok. Ada lima pembeda khusus yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan mana katak dan kodok.

Secara sekilas katak dan kodok terlihat sangat mirip, namun sebenarnya perbedaan katak dan kodok dapat dilihat dengan mudah jika Anda memperhatikan dengan seksama.

Meskipun membedakan antara katak dan kodok terbilang sulit, ada beberapa karakteristik yang dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi perbedaan antara kedua amfibi kecil ini.



Dilansir dari A-Z Animals, berikut 7 perbedaan katak dan kodok:



1. Kulit

Kodok memiliki kulit yang lebih kering dan kasar serta “kutil” yang menutupi kelenjar parotisnya. Ini adalah kelenjar pada kulit hewan yang mengeluarkan bufotoxins untuk mencegah predator. Kutil bukanlah kutil yang sebenarnya, tetapi hanya bagian dari fisiologi kulit kodok.

Kulit katak lebih licin, halus dan berlendir. Karena kulit mereka perlu tetap lembab, tak heran bila katak cenderung untuk tetap dekat dengan air. Bahkan, kulit katak terlihat basah meskipun mereka tidak berada di air.

2. Kaki
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More