Rudal Kinzhal yang Bikin Gempar Dunia, Ini Kehebatan Senjata Hipersonik Rusia

Minggu, 20 Maret 2022 - 09:03 WIB
Pakar militer memuji kecepatan dan kekuatan penetrasi rudal Kinzhal sebagai hal yang sangat mengancam. Namun; seorang analis mengatakan keuntungan utama penggunaan rudal Kinzal lebih pada efek psikologis daripada dampak strategis.

“Pada dasarnya, itu tidak mengubah medan perang, tetapi tentu saja memiliki efek dalam hal propaganda psikologis, untuk menakut-nakuti semua orang”, analis militer dan jurnalis Rusia Pavel Felgenhauer mengatakan kepada Euronews setelah serangan terbaru.



Majalah The Diplomat pada 2018 pernah menganalisa, bahwa rudal hipersonik Kinzhal Rusia dapat secara drastis mengubah keseimbangan kekuatan di Pasifik. Sebab, jika rudal Kinzhal dikerahkan ke wilayah Timur Jauh Rusia, dapat memiliki "implikasi yang signifikan bagi keseimbangan kekuatan di Pasifik,".

Penggunaan ridal Kinzhal memungkinkan jet tempur Rusia untuk menargetkan kapal perang AS hingga jarak sejauh 2.200 mil atau 3.500 km dari batas pantainya. Kehebatan rudal Kinzhal bukan hanya pada hulu ledaknya yang mampu menghancurkan kapal perang besar, tapi juga pada kecepatan hipersonik dan energi kinetiknya, yang membuatnya sulit terdeteksi radar dan dinetralkan.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More