Terusik Turis yang Mendekat, Paus Bungkuk Besar Hantam Kapal Wisatawan

Sabtu, 21 Mei 2022 - 11:12 WIB
“Tolong jangan terlalu dekat dengan paus. Kita bisa menikmati keindahannya, tapi dari kejauhan,” kata Gerardo Vargas, Wali Kota Ahome, kepada Mexico News Daily dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Sabtu (21/5/2022).



Gangguan dari kapal terdaftar sebagai salah satu ancaman utama bagi paus bungkuk, bersama dengan pemogokan kapal dan penangkapan menggunakan jerat. Namun, para ahli belum bisa memastikan apakah bantingan tubuh bungkuk remaja itu adalah bentuk pembalasan atau kecelakaan yang nahas.

Ini bukan kasus pertama di mana paus bungkuk mungkin dengan sengaja menyebabkan cedera pada manusia. Pada tahun 2020, dua perenang snorkel dirawat di rumah sakit di Australia setelah berenang terlalu dekat dengan induk paus bungkuk dan anaknya. Dalam kasus ini, si bungkuk menyerang para perenang snorkel dan memukul mereka dengan ekor dan sirip dada.

“Bagaimanapun, mendekati paus terlalu dekat jelas merupakan pilihan yang buruk, terutama ketika aktif di permukaan,” kata Lorenzo Fiori, seorang ahli ekologi di Universitas Teknologi Auckland di Selandia Baru kepada Live Science.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More