Foto Paling Istimewa di Dunia Sains karena Abadikan Para Pemilik Kecerdasan Luar Biasa

Sabtu, 11 Juni 2022 - 06:00 WIB
Sebanyak 29 ilmuwan ternama dunia berpartisipasi di Konferensi Solvay ke-5 pada tahun 1927. Foto/IST
JAKARTA - Sebanyak 29 ilmuwan kelas berat dunia terekam dalam satu foto yang sangat istimewa. Dibilang spesial karena sangat jarang para ilmuwan tersebut berkumpul dalam satu kesempatan. Apalagi mengabadikannya dalam satu foto bersama.

Sulit untuk tidak mengatakan foto itu spesial. Pasalnya pengakuan dunia sudah diberikan kepada seluruh ilmuwan yang ada di foto. Bahkan 17 dari 29 ilmuwan yang ada di foto itu merupakan penerima penghargaan Nobel.

Lalu apa yang bisa membuat 29 ilmuwan itu bisa berkumpul bersama? Sosok kimiawan dan pengusaha asal Belgia, Ernest Solvay yang jadi jawabannya.

Setiap tahun Ernest Solvay menggelar konferensi ilmiah dengan berbagai tema menarik.Konferensi Solvay digelar sebanyak 5 kali.

Pada perhelatan kelima di tahun 1927, konferensi itu mengangkat tema seputaran fisika terutama termodinamika dan kuantum. Dimana pertemuan kelima di tahun 1927 merupakan paling penting karena dihadiri sembilan ilmuwan pentolan teori kuantum.



Perhelatan itu makin istimewa karena para ilmuwan kelas dunia lainnya juga datang. Menariknya kehadiran spesial mereka terekam dalam satu foto yang sangat istimewa. Bahkan tidak bisa terulang lagi.



Nah, berikut ini keterangan siapa saja yang ada di dalam foto istimewa itu, yuk cermati:



1. Baris Depan (kiri ke kanan)

Irving Langmuir, Max Planck, Marie Curie, Hendrik Lorentz, Albert Einstein , Paul Langevin, Charles-Eugène Guye, CTR Wilson, dan Owen Richardson.

2. Baris Tengah (kiri ke kanan)

Peter Debye, Martin Knudsen, William Lawrence Bragg, Hendrik Anthony Kramers, Paul Dirac, Arthur Compton, Louis de Broglie, Max Born, dan Niels Bohr.

3. Baris Belakang (kiri ke kanan)

Auguste Piccard, Émile Henriot, Paul Ehrenfest, Édouard Herzen, Théophile de Donder, Erwin Schrödinger, JE Verschaffelt, Wolfgang Pauli, Werner Heisenberg, Ralph Fowler, Léon Brillouin.

Jika Anda kurang familiar dengan para ilmuwan itu, berikut ini inovasi dan penemuan yang mereka sumbangkan buat perkembangan ilmu pengetahuan dunia.

- Auguste Pichard

Mendesain pesawat terbang untuk eksplorasi bagian luar stratosfer dan lautan dalam.

- Emile Henriot

Mendeteksi radioaktif dari potasium dan rubidium. Dia membuat ultrasentrifugal jadi mungkin. Dia juga orang yang mengembangkan mikroskop elektron.

- Paul Ehrenfest

Paul Ehrenfest adalah seorang ahli fisika teoretis Austria dan Belanda, yang memberikan kontribusi besar pada bidang mekanika statistik dan hubungannya dengan mekanika kuantum, termasuk teori transisi fase dan teorema Ehrenfest.

- Edouard Herzen

Edouard Herzen merupakan satu dari tujuh orang yang berpartisipasi di Konferensi Solvay. Dia adalah ilmuwan berpengaruh di ilmu fisika dan kimia di abad 20.

- Theophile de Donder

Ahli matematika dan fisika dari Belgia ini mendefinisikan afinitas kimia dalam hal perubahan entalpi bebas. Dia yang merumuskan termodinamika proses ireversibel. Rumus itu yang membuat muridnya, ilmuwan Ilya Prigogine mendapatkan hadiah Nobel.

- Erwin Schrodinger

Penerima Nobel ini berhasil mencocokkan perilaku kuantum yang diamati dengan sifat-sifat gelombang nonrelativistik berkelanjutan.

- Jules Emile Verschaffelt

Jule Emile Verschaffelt fisikawan Flemish, mendapatkan gelar doktor di bawah Kamerlingh Onnes pada tahun 1899.

- Wolfgang Pauli

Wolfgang Pauli berhasil merumuskan prinsip pengecualian yang menjelaskan seluruh tabel elemen.

- Werner Heisenberg

Nama lengkapnya Werner Karl Heisenberg. Dia ilmuwan yang juga berhasil meraih Nobel. Hanya saja kecerdasannya tertutup kontroversi atas keterlibatannya dengan Nazi. Dia diperintahkan oleh Nazi untuk membuat bom atom yang kemudian dinamakan Kubus Heisenberg.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More