Begini Bentuk dan Jeroan Stasiun Luar Angkasa China, Bisa Beroperasi 15 Tahun

Minggu, 12 Juni 2022 - 10:48 WIB
Modul inti Tianhe, yang dikirim ke orbit pada April 2021, adalah pusat komando dan manajemen stasiun luar angkasa. Modul ini menyediakan propulsi untuk mempertahankan orbit kompleks dan mengontrol kondisi kerja internalnya.

Dengan panjang 16,6 meter, diameter maksimum 4,2 meter, dan berat lepas landas 22,5 ton, modul inti Tianhe adalah pesawat ruang angkasa terbesar yang pernah dikembangkan China. Dengan ruang layak huni sekitar 50 meter kubik, itu berfungsi sebagai tempat tinggal utama para astronot dan melakukan eksperimen ilmiah.

Sebanyak enam astronot China dalam dua misi terpisah telah tinggal dan bekerja di modul inti Tianhe dan kembali ke Bumi dengan selamat. Modul ini juga memiliki pintu keluar bagi astronot untuk melakukan kegiatan ekstravehicular.



Tiga anggota kru Shenzhou-12 adalah yang pertama memasuki Tianhe, mereka menghabiskan tiga bulan dari Juni hingga September tahun lalu. Kemudian kru Shenzhou-13 tiba di modul inti pada Oktober 2021 dan kembali ke Bumi pada April 2022, menetapkan rekor durasi penerbangan luar angkasa manusia nasional baru 182 hari.

Modul inti memiliki dua port tempat berlabuh yang dapat terhubung dengan dua modul lab dan tiga port dok untuk setiap kapal kargo, pesawat ruang angkasa berawak, dan pesawat ruang angkasa lainnya.

Modul Lab Wentian



Foto/news.cgtn

Kedua modul lab serupa dengan modul inti dalam hal panjang, ukuran, dan berat, dengan detail yang lebih spesifik yang belum diungkapkan. Kabin Wentian terutama untuk studi tentang ilmu kehidupan luar angkasa.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More