Kuburan Yosua Ditemukan, Ilmuwan Yakin Makam Nabi Musa Berada di Palestina

Selasa, 09 Agustus 2022 - 12:52 WIB
Dibangun dari batu yang rapi, dan menghadap ke arah barat-timur. Sedangkan peti nya terbuat dari kayu dan ditutupi oleh kain kiswa hijau. Bagian atas makam berbentuk kubah setengah lingkaran yang puncaknya berbentuk empat lengkungan runcing.

Makam beserta masjid ini didanai dan dirawat oleh wakaf dan dianggap sebagai salah satu yang terkaya dan paling terkenal. Hal ini dikarenakan masjid ini menyediakan makanan dan akomodasi gratis bagi pengunjung serta gaji untuk sekitar 50 karyawan.

Pegawainya termasuk pengawas wakaf, syekh, juru tulis, Pembantu, Penjaga, Penjaga Gerbang, Muazin, Pembawa Obor, Penyapu, Penjaga Alquran, Distributor Alquran serta Pegawai lainnya.

Yusya bin Nun diyakini murid Nabi Musa, Yusya ini merupakan keturunan Efraim bin Yusuf. Yusya adalah cicit Nabi Yusuf.

Nama Yusya tidak disebutkan secara eksplisit di dalam Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 60, 62 dan 63.

Tetapi para ahli tafsir meyakini Yusya disebut secara tersirat sebagai 'pembantu' atau 'asisten' yang mendampingi Nabi Musa ketika mencari Nabi Khidir.

Keyakinan jasad Nabi Yusya dikubur di Khirbet Tibnah didukung fakta bahwa situs ini juga dikenal sebagai Timnat-sini atau Timnat-serah.

Dalam tradisi Nasrani dan Yahudi, Timnat-sini adalah nama sebuah kota yang diberikan orang Israel kepada Yosua atau Nabi Yusya. Dia diyakini tinggal dan dimakamkan di sana.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More