Kuburan Yosua Ditemukan, Ilmuwan Yakin Makam Nabi Musa Berada di Palestina

Selasa, 09 Agustus 2022 - 12:52 WIB
loading...
Kuburan Yosua Ditemukan, Ilmuwan Yakin Makam Nabi Musa Berada di Palestina
Masjid dan makam Nabi Musa, berada di permukaan tanah. terletak di dekat kubah di barat laut. Makamnya berbentuk persegi berukuran 5,5 m. FOTO/ JERUSALEM POST
A A A
JERUSALEM - Ditemukannya makam makam Nabi Yusya atau Yosua di Khirbet Tibnah yang berada di Tepi Barat, Palestina. Membuat arkeolog semangat mencari keberadaan makam Nabi Musa AS hingga saat ini masih menjadi misteri.

Namun tradisi menyatakan bahwa Salahuddin Ayyubi pernah bermimpi dimana dia ditunjukkan tempat dimakamkannya Nabi Musa tersebut. Makam beliau sendiri kini letaknya ada di sebuah masjid, di situs yang kemudian diperluas oleh Sultan Baybars pada 1269 Masehi.

BACA JUGA - Kembalinya Nabi Musa dan Prediksi Fir'aun

Kompleks masjid dipugar beberapa kali pada masa kerajaan Ottoman. Masjid ini terletak 11 km selatan Jericho dan 20 km timur Yerusalem.

“Perjalanan menuju Jericho dari Yerusalem ditempuh kira-kira satu jam, tapi karena kita tadi lewat Betlehem jadinya sedikit lebih lama,” ungkap channel Youtube RiseTAFDI

Berada di gurun pasir yang panas, kompleks masjid Nabi Musa di Palestina ini terdiri dari tiga tingkat: basement, lantai dasar dan lantai pertama. Kompleks ini mencakup area seluas 5.000 meter persegi.

Dilansir dari Islamicart.museum, masjid ini memiliki lima pintu masuk yang semuanya terbuka ke dalam kompleks. Pintu masuk utama adalah portal barat yang terletak di sisi selatan dinding barat. Kompleks ini dibangun dari batu pasir yang hanya bagian atasnya yang dipotong persegi.

Isi dari ruang bawah tanah adalah kandang kuda dan tempat penyimpanan. Lantai pertama dan lantai dasar mencakup lebih dari 100 ruangan, serangkaian aula, menara masjid, dan berbagai perlengkapan.

Masjid dan makam Nabi Musa, berada di permukaan tanah. terletak di dekat kubah di barat laut. Makamnya berbentuk persegi berukuran 5,5 m. Bagian tengah maqam lebih kecil dari sisinya, berukuran panjang 4,7 m, lebar 1,6 m, dan tinggi 1,7 m.

Dibangun dari batu yang rapi, dan menghadap ke arah barat-timur. Sedangkan peti nya terbuat dari kayu dan ditutupi oleh kain kiswa hijau. Bagian atas makam berbentuk kubah setengah lingkaran yang puncaknya berbentuk empat lengkungan runcing.

Makam beserta masjid ini didanai dan dirawat oleh wakaf dan dianggap sebagai salah satu yang terkaya dan paling terkenal. Hal ini dikarenakan masjid ini menyediakan makanan dan akomodasi gratis bagi pengunjung serta gaji untuk sekitar 50 karyawan.

Pegawainya termasuk pengawas wakaf, syekh, juru tulis, Pembantu, Penjaga, Penjaga Gerbang, Muazin, Pembawa Obor, Penyapu, Penjaga Alquran, Distributor Alquran serta Pegawai lainnya.

Yusya bin Nun diyakini murid Nabi Musa, Yusya ini merupakan keturunan Efraim bin Yusuf. Yusya adalah cicit Nabi Yusuf.

Nama Yusya tidak disebutkan secara eksplisit di dalam Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 60, 62 dan 63.

Tetapi para ahli tafsir meyakini Yusya disebut secara tersirat sebagai 'pembantu' atau 'asisten' yang mendampingi Nabi Musa ketika mencari Nabi Khidir.

Keyakinan jasad Nabi Yusya dikubur di Khirbet Tibnah didukung fakta bahwa situs ini juga dikenal sebagai Timnat-sini atau Timnat-serah.

Dalam tradisi Nasrani dan Yahudi, Timnat-sini adalah nama sebuah kota yang diberikan orang Israel kepada Yosua atau Nabi Yusya. Dia diyakini tinggal dan dimakamkan di sana.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1922 seconds (10.101#12.26)