5 Hewan yang Bisa Mengubah Jenis Kelaminnya, Nomor 3 Hanya Terjadi 1 dari 10.000

Senin, 15 Agustus 2022 - 21:13 WIB
Beberapa spesies hewan memiliki organ kelamin betina dan jantan yang berfungsi secara bersamaan. Bahkan organ kelamin itu bisa berubah dari betina menjadi jantan atau sebaliknya. Foto/Treehugger
JAKARTA - Beberapa spesies hewan memiliki organ kelamin betina dan jantan yang berfungsi secara bersamaan. Bahkan organ kelamin itu bisa berubah dari betina menjadi jantan atau sebaliknya, bergantung pada kebutuhan atau kondisi sekitar.

Ada beragam penyebab di balik perubahan kelamin, di antaranya adalah proses alami yang menawarkan fleksibilitas reproduksi spesies atau dipicu oleh kenaikan suhu global. Berikut 5 hewan yang bisa megubah jenis kelaminya dirangkum SINDOnews dari laman Treehugger, Senin (15/8/2022).

1. Ikan badut



Ikan badut atau clownfish adalah hermafrodit berurutan, lahir dengan satu jenis kelamin tetapi dapat beralih ke jenis kelamin yang lain jika perlu. Ikan badut hidup dalam kelompok di mana hanya dua anggota yang dewasa secara seksual, jantan besar dan betina yang lebih besar. Sisanya lebih kecil, laki-laki yang belum matang secara seksual.



Jika sesuatu terjadi pada ikan betina dalam masa kawin, pasangan jantannya berubah menjadi betina. Kemudian dia memilih jantan terbesar berikutnya dalam kelompok untuk menjadi pasangan barunya.



2. Siput Pisang

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More