Teleskop James Webb Rekam Penampilan Planet Jupiter dengan Aurora yang Indah

Selasa, 23 Agustus 2022 - 11:00 WIB
Dengan demikian, para ilmuwan harus memproses data itu untuk membuat gambar. Biasanya itu dilakukan oleh Space Telescope Science Institute (STScI), yang berkantor pusat di Baltimore. Namun dalam kasus sepasang gambar Jovian ini, data diproses oleh ilmuwan warga Judy Schmidt dari Modesto, California.

Schmidt dan ilmuwan warga lainnya sering memanfaatkan data yang tersedia untuk umum dari teleskop luar angkasa untuk memproses gambar. Schmidt memproses gambar pertamanya, yang diambil oleh Hubble, lebih dari 10 tahun yang lalu. “Saya mencoba membuatnya terlihat alami, bahkan jika itu tidak mendekati apa yang bisa dilihat mata Anda,” kata Schmidt.

Gambar, tentu saja, tidak hanya bernilai karena daya tarik estetisnya. Penelitian De Pater dan Fouchet dimaksudkan untuk menunjukkan kemampuan Webb untuk ilmu tata surya, termasuk pencitraan sumber terang dan bintang redup di sekitarnya. Tim juga akan mempelajari lapisan awan Jupiter, angin, komposisi, aktivitas aurora, dan struktur suhu, serta memetakan permukaan dan atmosfer bulan Jovian Io dan Ganymede.