Mengapa Leher Ular Kobra Melebar sebelum Mematuk Mangsanya?

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 08:32 WIB


Gigitan ular Kobra berakibat fatal, bahkan berisiko kematian pada manusia. Hal ini dikarenakan racunnya akan menyebabkan kegagalan pernapasan dan mati lemas dengan mempengaruhi otot-otot di diafragma. Gigitan ular kobra, jika menghasilkan racun dalam dosis penuh, dapat membunuh hanya dalam waktu setengah jam.

Dari semua ular, hanya King Kobra betina yang membangun sarang dan kemudian menjaga telurnya. Raja Kobra memakan ular lain hampir secara langsung, termasuk ular piton dan jenis ular Kobra lainnya.

Predator utama ular Kobra adalah manusia, burung pemangsa, dan luwak yang sangat lincah, yang merupakan satu-satunya hewan yang cukup cepat untuk menyerangnya secara efektif.

Beberapa spesies ular Kobra disebut “Kobra peludah”, karena mereka dapat "meludahkan" racun pada musuh mereka. Racun ini sering ditujukan ke mata dan sangat menyakitkan jika mengenai target. Namun, tidak langsung menyebabkan kebutaan.



Racun tersebut dapat membuat korban menjadi buta jika tidak diobati, tetapi jika segera dibersihkan tidak ada efek yang bertahan lama. Ular Kobra tidak benar-benar meludahkan racun. Mereka mengkontraksikan kelenjar racun mereka dengan otot-otot kuat yang memaksa racun keluar melalui sepasang lubang di ujung taring.

MG/Vadma Gempita
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More