Tempat Persembunyian Ular saat Musim Hujan, Waspada saat banjir!

Selasa, 16 Januari 2024 - 08:44 WIB
loading...
Tempat Persembunyian Ular saat Musim Hujan, Waspada saat banjir!
Ular bisa bersembunyi di berbagai tempat yang tidak kita duga sebelumnya. Foto: World Animal Protection
A A A
JAKARTA - Tanpa kita sadari, banyak tempat di sekeliling kita yang dapat dijadikan sebagai tempat persembunyian ular.

Apalagi, di musim hujan yang membawa segudang perubahan di alam. Termasuk aktivitas ular yang mencari tempat berlindung dari hujan yang lebat. Untuk menjaga keamanan dan kewaspadaan, penting untuk mengetahui tempat-tempat yang sering dijadikan persembunyian oleh ular saat musim hujan.

Nah, berikut beberapa tempat persembunyian ular yang harus diwaspadai:

1. Reruntuhan atau Tumpukan Material

Reruntuhan bangunan, tumpukan kayu, atau material konstruksi lainnya sering menjadi tempat persembunyian ular selama musim hujan. Mereka dapat merayap di antara celah-celah atau bersembunyi di balik tumpukan material untuk menghindari hujan yang mengganggu.

2. Tanaman Rendah atau Semak Belukar

Semak belukar dan tanaman rendah menyediakan tempat yang ideal bagi ular untuk bersembunyi. Beberapa jenis ular dapat dengan mudah menyusup di antara dedaunan atau batang tanaman untuk melindungi diri mereka dari hujan dan mencari mangsa.

3. Lubang di Tanah atau di Bawah Batu-batuan

Ular sering mencari perlindungan di dalam lubang di tanah atau di bawah batu-batuan besar. Lubang-lubang kecil atau celah di tanah memberikan tempat yang aman untuk berlindung, sementara batu-batuan besar memberikan perlindungan dari hujan yang turun.

4. Tempat Penyimpanan Barang di Luar Ruangan

Tempat penyimpanan barang di luar ruangan, seperti gudang atau tempat penyimpanan kayu bakar, bisa menjadi tempat yang menarik bagi ular saat musim hujan. Mereka dapat bersembunyi di antara barang-barang yang tidak sering digunakan untuk menghindari air hujan.

5. Saluran Pembuangan dan Pipa Air

Saluran pembuangan atau pipa air sering dijadikan tempat persembunyian oleh ular. Lubang-lubang di sekitar saluran pembuangan atau pipa air memberikan tempat yang aman dan lembab bagi ular selama musim hujan.

6. Lubang-lubang di Dekat Tempat Pemakanan

Tempat-tempat yang dekat dengan sumber makanan, seperti tempat pembuangan sampah atau area pemukiman hewan peliharaan, juga dapat menjadi tempat persembunyian yang disukai oleh ular. Mereka akan mencari tempat yang dekat dengan sumber makanan untuk memudahkan pencarian mangsa.

Baca Juga: Ular Sanca Sepanjang 4 Meter Masuk Rumah Warga, Evakuasi Berlangsung Dramatis

Dalam musim hujan, meningkatkan kewaspadaan terhadap keberadaan ular adalah langkah penting untuk menjaga keselamatan. Jika Anda tinggal di daerah yang dikenal sebagai habitat ular, pastikan untuk melakukan pencegahan, seperti membersihkan area sekitar rumah dan menyimpan barang-barang dengan rapi.

Waspada dan pemahaman terhadap perilaku ular dapat membantu mencegah pertemuan yang tidak diinginkan dengan hewan ini selamamusimhujan.

MG/Khusniah
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)