9 Mineral Paling Mahal di Dunia, Afghanistan Punya Harta Karun Tak Ternilai

Rabu, 14 September 2022 - 21:08 WIB
Painite (Painit) dikenal sebagai salah satu mineral yang paling sulit ditemukan dan salah satu mineral paling langka di dunia. Mineral ini pertama kali ditemukan di Myanmar pada tahun 1950 oleh pedagang permata Inggris Arthur C.D. Pain.

Mineral ini awalnya dikira sebagai Rubi, sebelum dikonfirmasi sebagai formasi mineral baru. Harga Painite sekitar USD55.000 sampai USD60.000 per karat. Pada 2001, hanya dua kristal Painite yang pernah ditemukan, tetapi ribuan lainnya ditemukan di wilayah Mogok Myanmar.

3. Berlian



Berlian secara komersial adalah mineral yang paling populer dalam perdagangan perhiasan dunia. Berlian putih sudah cukup populer, namun yang paling mahal adalah berlian merah dan berlian merah muda. Nilai rata-rata mineral yang prestisius dan memikat ini adalah sekitar USD55.000 per gram.



Berlian secara umumnya kerap digunakan sebagai permata pada cincin pernikahan atau pertunangan yang mahal di dunia. Namun, berlian juga banyak digunakan sebagai mata bor, gergaji, dan heat sink untuk sirkuit elektronik.

4. Platinum



Platinum termasuk mineral langka dan banyak digunakan dalam dunia industri karena dikenal sebagai logam yang paling tidak reaktif. Selain itu, Platinum mampu menahan korosi, bahkan di bawah suhu tinggi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More