5 Basa Terkuat di Dunia, Nomor 3 Penting dalam Bidang Farmasi

Jum'at, 23 September 2022 - 19:30 WIB
Lithium monoksida anion pernah menjadi basa terkuat di dunia sebelum diturunkan takhta pada tahun 2008. Seperti basa lainnya, lithium monoksida dibuat dalam pelarut aprotik dan juga dikenal karena sifatnya yang sangat korosif.

Biasanya, sejumlah kecil lithium oksalat (Li2C2O4) digunakan sebagai prekursor, yang melalui proses ionisasi elektrospray. Senyawa anion litium oksalat (LiC2O4) yang dihasilkan diisolasi kemudian diproses dengan disosiasi yang diinduksi tumbukan sebanyak dua kali.

Hasilnya, kita mendapatkan anion Lithium monoksida (LiO−) dan molekul Karbon dioksida. Tidak ada penggunaan anion lithium monoksida yang diketahui.



3. Butillitium



n-Butyllithium atau n-BuLi, singkatnya, adalah basa yang penting secara komersial, sebagian besar digunakan sebagai katalis untuk polimerisasi untuk menghasilkan karet sintetis. Ini memiliki kegunaan dalam industri farmasi juga. Meskipun Butyllithium tidak berwarna, dapat mengalami perubahan warna ringan ketika bersentuhan dengan alkana.

Selain sebagai basa, n-BuLi adalah agen pereduksi yang kuat serta nukleofil (bahan kimia yang menyumbangkan pasangan elektron untuk membentuk ikatan). Butillitium umumnya diproduksi dengan mereaksikan litium dengan 1-bromobutana atau 1-Klorobutana.

Butyllithium tidak stabil dan dapat bereaksi keras dengan air dan karbon dioksida, tetapi dapat disimpan dengan aman di bawah gas inert.

4. Lithium Diisopropylamide
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More