Mengapa Asam Sulfat Mampu Hancurkan Logam? Ini Penjelasannya

Selasa, 04 Oktober 2022 - 13:30 WIB
loading...
Mengapa Asam Sulfat Mampu Hancurkan Logam? Ini Penjelasannya
Asam Sulfat merupakan bahan kimia yang sangat reaktif dan mampu melarutkan sebagian besar logam. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Asam Sulfat merupakan bahan kimia yang sangat reaktif dan mampu melarutkan sebagian besar logam. Misalnya, asam pekat yang dapat mengoksidasi, mendehidrasi, atau juga sulfonat sebagian besar senyawa organik, sering menyebabkan hangus.

Asam sulfat dapat bereaksi dengan logam, terutama apabila dicampurkan dengan air, yang digunakan untuk membentuk gas hidrogen yang gampang terbakar dan menimbulkan ledakan. Asam sulfat yang gampang terbakar merupakan pengoksidasi kuat yang meningkatkan pembakaran zat lain, tidak membakar dirinya sendiri.

Asam sulfat itu adalah bahan alami berupa cairan bening seperti minyak, pada zaman dulu asam sulfat disebut “minyak vitrol”. Reaksi hidrasi asam sulfat sangat eksotermik. Karena asam sufat sifatnya bisa terhidrasi, asam sulfat merupakan zat pendehidrasi yang paling sering digunakan untuk mengeringkan buah-buahan.



Karena asam sulfat merupakan ‘asam’, maka bisa bereaksi dengan basa yang menghasilkan garam sulfat seperti garam tembaga sulfat yang dibuat dari reaksi selang tembaga oksida dengan asam sulfat. Asam sulfat juga biasa dipakai untuk mengasamkan garam dan menghasilkan asam yang lebih lemah.

Asam sulfat bereaksi seperti biasanya yaitu logam dengan reaksi pengganti tunggal, yang menghasilkan hidrogen dan logam sulfat. Asam sulfat yang encer bisa menghancurkan besi, alumunium, seng, mangan, magnesium, dan nikel.



Berbeda dengan timah dan tembaga, keduanya membutuhkan asam sulfat yang lebih panas dan pekat. Timbal dan tungsten juga tidak bereaksi ketika disiram asam sulfat. Karena biasanya reaksi asam sulfat dengan logam akan menghasilkan hidrogen.

MG/Navizia Louvitrioktavia
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)