Terowongan Misterius Menuju Makam Ratu Cleopatra Ditemukan

Rabu, 09 November 2022 - 16:32 WIB
Arkeolog Kathleen Martinez dari Universitas San Domingo percaya Cleopatra dan kekasihnya Mark Antony dimakamkan di areal kuil tersebut, yang terletak di dekat ibu kota Mesir kuno, Alexandria. FOTO/ IST
KAIRO - Terowongan misterius di bawah kuil kuno Taposiris Magna di Mesir ditemukan. Dengan ukuran enam kaki dan membentang hampir satu mil, terowongan ini disinyalir merupakab akses jalan menuju makan Ratu Cleopatra.

Seperti dilansir dari Metro, Rabu (9/11/2022), Arkeolog Kathleen Martinez dari Universitas San Domingo percaya Cleopatra dan kekasihnya Mark Antony dimakamkan di areal kuil tersebut, yang terletak di dekat ibu kota Mesir kuno, Alexandria.

BACA JUGA - Sisi Misterius Cleopatra, Bukan Kecantikan tapi Kecerdasan bak Ilmuwan

Ia mengatakan bahwa kuil Taposiris Magna merupakan tempat yang sempurna untuk makam Cleopatra, seraya menambahkan bahwa temuan ini, jika memang benar terbukti, akan menjadi penemuan paling penting di abad ke-21.

“Jika ada kemungkinan satu persen bahwa ratu terakhir Mesir dapat dimakamkan di sana, itu adalah tugas saya untuk mencarinya,” jelas arkeolog yang telah bekerja selama sepuluh tahun untuk menemukan keberadaan makam Cleopatra itu.



Ratu Cleopatra sendiri merupakan sosok yang terkenal di seluruh dunia. Ia berusia 39 tahun ketika dia bunuh diri pada tahun 30 SM. Dia berasal dari garis panjang penguasa Mesir Ptolemeus, keturunan dari jenderal Yunani Alexander Agung.

Cleopatra dimakamkan bersama kekasihnya Mark Antony, komandan kedua Ceaser, yang juga bunuh diri setelah mereka dikalahkan oleh saingan politik mereka Octavianus. Ini terjadi setelah negosiasi dan disetujui bahwa pemakaman dilangsungkan di Mesir.

"Dia ingin dikuburkan bersamanya karena dia ingin menghidupkan kembali legenda Isis dan Osiris. Arti sebenarnya dari kultus Osiris adalah bahwa ia memberikan keabadian," ungkap Martinez.

"Setelah kematian mereka, para dewa akan mengizinkan Cleopatra untuk hidup bersama Antony dalam bentuk kehidupan lain, sehingga mereka akan memiliki kehidupan abadi bersama," sambungnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More