Populasi Pari Manta Terbesar di Dunia Ditemukan di Ekuador, Jumlahnya 22.000 Ekor

Jum'at, 18 November 2022 - 09:00 WIB
Ikan Pari Manta di Ekuador justru berkembang biak dengan pesat dan masih jadi misteri. Foto: ist
EKUADOR - Ada banyak sekali spesies yang terancam punah akibat aktivitas manusia dan perubahan iklim. Tapi, ternyata ada sedikit spesies yang justru berkembang biak dengan sehat. Ilmuwan menemukan lebih dari 22.000 ikan Pari Manta (Mobula birostris) di lepas pantai Ekuador.

Ada dua jenis Pari Manta di dunia. Pertama, Reef Manta, yang memiliki ukuran lebar hingga 4,5 meter dan biasa ditemukan di dekat karang. Dan yang kedua adalah Oceanic Manta yang memiliki lebar tubuh mencapai 8 meter.

Inilah jenis pari manta terbesar yang membuat laut tiba-tiba gelap saat manta jenis ini muncul di atas kita. Pari Manta di Ekuador termasuk dalam jenis Oceanic Manta. Jumlahnya, diperkirakan 10 kali lebih besar dari wilayah lain. Juga, belum pernah ditemukan di wilayah lain.

Pada 2019, Pari Manta laut direklasifikasi terancam punah dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN. Ancaman terbesar Pari Manta laut adalah penangkapan ikan komersial, baik yang menargetkan mereka secara sengaja ataupun tidak disengaja.

“Ahli ekologi kuantitatif Joshua Stewart dari Oregon State University menyebut bahwa populasi Pari Manta di Ekuador yang sangat besar ini termasuk kasus langka.

“Sebab, di wilayah lain, kami biasanya memiliki perkiraan populasi 1.000 hingga 2.000 hewan, yang membuat spesies ini sangat rentan."

Sayangnya, ilmuwan kesulitan untuk mempelajari dan memantau hewan-hewan ini. Sebab, Pari Manta menghabiskan banyak waktu di lokasi lepas pantai yang sulit diakses, dan pola pergerakannya juga tidak dapat diprediksi.

Sejak akhir 1990-an, para ilmuwan sudah mengawasi kelompok Pari Manta di pesisir Ekuador ini.

Untuk penelitian terbaru, ilmuwan menggunakan foto dan pengamatan selama lebih dari satu dekade yang diambil di lapangan antara 2005 dan 2018 untuk memperkirakan populasi saat ini di atas 22.000

“Ini kabar baik dan buruk sekaligus. Sebab, Pari Manta biasanya sensitif terhadap gangguan lingkungan, seperti perubahan suhu laut dan ketersediaan makanan. Mereka kemungkinan akan terpengaruh oleh perubahan iklim yang berdampak pada berkurangnyamakanan,”.