Rahasia Putri Malu Menutup Diri Terungkap, Peneliti Jepang Temukan Jawabannya

Kamis, 24 November 2022 - 20:13 WIB
Para peneliti menyebutkan ini adalah mekanisme pensinyalan utama yang digunakan oleh tanaman putri malu. Melalui rekaman ini untuk pertama kalinya mengungkapkan dengan tepat bagaimana sinyal tersebut dibuat.



Saat sel terdepolarisasi, mereka melepaskan ion kalsium yang bereaksi dengan penanda fluoresen yang ditempatkan pada tanaman. Penggunaan fluoresen menghasilkan kilatan yang mencolok secara berurutan di sepanjang bagian tengah daun.

Tanaman putri malu memiliki organ kecil yang disebut pulvini untuk melepaskan ion kalsium, yang menarik kembali selebaran daun menggunakan perubahan tekanan air. Setelah satu pulvini diaktifkan, kemudian mengirimkan sinyal ke pulvini yang berdekatan, yang menciptakan efek domino (menutup daun) di sepanjang punggung daun.

Dari rekaman ini para ilmuwan mengetahui seberapa cepat pulvini berinteraksi dengan selebaran yang bersebelahan. “Pulvini menerima sinyal sekitar 0,1 detik sebelum selebaran berkontraksi, ini sangat cepat untuk tanaman,” kata Masatsugu Toyota dikutip dari laman Live Science, Kamis (24/11/2022).
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More