Mengenal Planet Baru LHS 475 b yang Ditemukan NASA, Berbatu Seukuran Bumi

Sabtu, 21 Januari 2023 - 16:12 WIB
loading...
Mengenal Planet Baru LHS 475 b yang Ditemukan NASA, Berbatu Seukuran Bumi
Para peneliti telah mengkonfirmasi keberadaan sebuah planet ekstrasurya, yang secara formal diklasifikasikan sebagai LHS 475 b. Foto/European Space Agency
A A A
WASHINGTON - Para peneliti telah mengkonfirmasi keberadaan sebuah planet ekstrasurya, yang secara formal diklasifikasikan sebagai LHS 475 b. Planet ini ditemukan pertama kali menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) milik NASA/ESA/CSA.

Tim peneliti dipimpin oleh Kevin Stevenson dan Jacob Lustig-Yaeger, keduanya dari Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins di Laurel, Maryland. Tim peneliti memilih untuk mengamati target ini dengan teleskop luar angkasa James Webb setelah meninjau secara cermat data dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA yang mengisyaratkan keberadaan planet tersebut.

Near-Infrared Spectrograph (NIRSpec) teleskop James Webb menangkap planet ini dengan mudah dan jelas hanya dengan dua pengamatan transit. “Tidak diragukan lagi bahwa planet itu ada. Data asli Webb memvalidasinya,” kata Lustig-Yaeger dikutip dari laman astrobiology, Sabtu (21/1/2023).

Baca juga; Gaia Temukan Planet Asing dengan Inti Fusi Nuklir, Berukuran 13 Kali Lebih Besar dari Jupiter

Para peneliti telah mengkonfirmasi keberadaan sebuah planet ekstrasurya, sebuah planet yang mengorbit bintang lain. Planet ini berukuran hampir persis sama dengan Bumi, dengan diameter 99% dari diameter Bumi.

Planet LHS 475 b relatif dekat, hanya berjarak 41 tahun cahaya, di konstelasi Octans. “Fakta bahwa planet kecil dan berbatu sangat mengesankan bagi observatorium,” tambah Stevenson.

Hasil penelitian tim ini dipresentasikan pada konferensi pers American Astronomical Society (AAS) pada Rabu 11 Januari 2023. Dikutip dari laman European Space Agency (ESA), berdasarkan bukti baru dari James Webb Space Telescope (JWST), menunjukkan exoplanet LHS 475 b itu berbatu dan ukurannya hampir persis sama dengan Bumi.

Laman ESA menyebutkan bahwa planet ini mengitari bintangnya hanya dalam dua hari, jauh lebih cepat daripada planet mana pun di Tata Surya. Para peneliti akan menindaklanjuti musim panas ini dengan pengamatan tambahan dengan Webb, diharapkan mereka dapat menyimpulkan secara pasti apakah planet tersebut memiliki atmosfer.

Baca juga; NASA Temukan Planet Seukuran Bumi Ke-2, Diperkirakan Menyimpan Air dalam Bentuk Cair

“Hasil pengamatan pertama dari planet berbatu seukuran Bumi ini membuka pintu ke banyak kemungkinan di masa depan untuk mempelajari atmosfer planet itu dengan Webb,” kata Mark Clampin, direktur Divisi Astrofisika di Markas Besar NASA di Washington.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3431 seconds (11.97#12.26)