Jumlah Bintang Menurun Drastis, Ilmuwan Ungkap Fakta Tak Biasa Ini

Minggu, 22 Januari 2023 - 14:22 WIB
loading...
Jumlah Bintang Menurun Drastis, Ilmuwan Ungkap Fakta Tak Biasa Ini
Jumlah bintang di antariksa menurun drastis dalam beberapa dekade terakhir. FOTO/ BRIN
A A A
LOS ANGELES - Ilmuwan ungkap jumlah bintang yang terlihat dengan mata telanjang telah menurun drastis selama dekade terakhir.

BACA JUGA - Teleskop James Webb Rekam Pembentukan Bintang-Bintang di Galaksi Cartwheel

Keadaan tersebut disebabkan oleh fenomena 'Skyglow', yaitu cahaya yang dipancarkan langsung ke atmosfer melalui debu atau molekul gas, sehingga menimbulkan pancaran jingga.

Fenomena tersebut juga terjadi karena pencahayaan buatan dan kecerahan cahaya tersebut meningkat setiap tahun sejak 2011.

"Pandangan kami tentang bintang adalah bahwa mereka menghilang, " tutur seorang ilmuwan dari Pusat Penelitian Geosains Jerman, Dr. Christopherf Kyba seperti dilansir dari BBC

Kyba dan timnya menerbitkan temuan tersebut di jurnal Science. Itu adalah kesimpulan dari 12 tahun para astronom dan ilmuwan amatir yang keluar pada malam hari untuk menghitung jumlah bintang di langit.

Para ilmuwan mengatakan bahwa seorang anak yang lahir di daerah dengan 250 bintang pada malam hari mungkin melihat kurang dari 100 bintang di lokasi yang sama 18 tahun kemudian.

Sementara itu, Gerry Gilmore, astronom dan guru besar di Universitas Cambridge, Inggris, yang terlibat dalam proyek Gaia, yang antara lain memetakan langit dan menghitung jumlah bintang di Bima Sakti, galaksi tempat kita berada.

Dari data yang dikumpulkan, tim Gaia menyusun model tiga dimensi Bima Sakti, untuk menentukan jumlah bintang di galaksi ini.

Gilmore mengatakan berdasarkan data pertama, ada sekitar dua miliar bintang di Bima Sakti.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1684 seconds (11.97#12.26)