3 Ilmuwan Jepang dan Penemuannya, Nomor Terakhir Lampu LED

Selasa, 24 Januari 2023 - 18:22 WIB
loading...
A A A
Pria asal Nagoya ini menerima gelar Sarjana dari Universitas Kyoto di tahun 1963, kemudian dia melanjutkan studinya hingga menerima gelar doktor dari California University. Susumu Tonegawa juga sempat bekerja di Lembaga Imunologi Basel, Swiss.

Kemudian pada tahun 1981, dia berhasil menjadi Profesor di Massachusetts Institute of Technology, dan sempat mendirikan Picower Institute for Learning and Memory, MIT.

Baca juga : Deretan Ilmuwan Penemu Teori Fenomena Alam

3. Shuji Nakamura

Bersama dengan Isamu Akasaki, dan Hiroshi Amano, Shuji Nakamura meraih penghargaan Nobel di bidang Fisika setelah menemukan Light-Emitting Diode (LED) warna biru di tahun 2014 lalu.

Penelitian mereka untuk menemukan LED warna biru sudah dimulai sejak belasan hingga puluhan tahun lalu. Tahun 1986, Isamu dan Hiroshi untuk pertama kalinya sukses membuat kristal gallium nitride berkualitas tinggi, bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat cahaya biru.

Sedangkan Shuji, pada 1993, mengejutkan dunia kala dia mengembangkan LED yang bisa mengeluarkan pancaran cahaya terang memakai peralatan yang didesainnya sendiri.

LED berwarna merah dan hijau sudah ada sejak lama, namun tanpa cahaya biru, lampu bercahaya putih tidak akan bisa dihasilkan. Karena itulah membentuk LED berwarna biru merupakan tantangan tersendiri oleh para peneliti.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)