Deretan Ilmuwan Penemu Teori Fenomena Alam

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:21 WIB
loading...
Deretan Ilmuwan Penemu Teori Fenomena Alam
Sejumlah imuwan terus mencari dan menggali informasi dari berbagai fenomena yang terjadi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Sampai saat ini, alam masih menyimpan banyak misteri dan selalu menyajikan fenomena yang tidak ada habisnya. Sejumlah ilmuwan terus mencari dan menggali informasi dari berbagai fenomena yang terjadi.



Beberapa dari mereka berhasil menemukan teori dari terjadinya fenomena alam yang dialami. Sebagian lagi berhasil mencetuskan teori dari sesuatu yang tidak pernah disadari sebelumnya. Siapa saja tokoh-tokoh penemu itu? Berikut tokoh-tokoh ilmuwan penemu teori soal fenomena alam.

1 - Al-Qarafi

Fenomena pelangi merupakan salah satu fenomena yang dinanti-nanti usai turunnya hujan. Selain menikmati keindahan pelangi, ada baiknya kita mengenal tokoh yang menemukan penjelasan di balik indahnya pelangi. Dialah Al-Qarafi, seorang ahli hukum asal mesir yang menemukan teori pembentukan pelangi.

Al-Din Abu Al Abbas Ahmad Ibn Idris Al Sanhaji Al-Qarafi atau yang dikenal dengan Al-Qarafi telah banyak menulis karya ilmiah mengenai ilmu optik.

Dalam salah satu kitabnya, Al-Istibar fi ma Tudrikuhu Al-Abshar (Tentang Apa yang Dapat Ditangkap Oleh Mata), Al-Qarafi menjelaskan bagaimana pelangi bisa muncul. Dia menyatakan bahwa pelangi muncul dari asap (uap) yang bercampur dengan sinar matahari. Al-Qarafi juga menjelaskan bagaimana proses warna pelangi dapat tercipta dan aturan yang berlaku jika pelangi ingin terbentuk.

2. Nicolaus Copernicus

Proses terjadinya siang dan malam selalu menjadi perdebatan para ilmuwan terdahulu. Terdapat berbagai macam teori mengenai proses perputaran dan pusat semesta.

Salah satu di antara banyaknya teori adalah teori heliosentris yang dicetuskan oleh Nicolaus Copernicus. Dia adalah orang pertama yang menyatakan bahwa mataharilah yang menjadi pusat perputaran bumi dan planet-planet lainnya. Teori ini disebut dengan teori heliosentris. Nicolaus melawan teori Ptolemus yang mengatakan bahwa bumilah yang menjadi pusat tata surya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3569 seconds (0.1#10.140)