Duel Tank Leopard 2 Jerman Lawan T-90M Proryv Rusia, Ini Kalkulasi di Atas Kertas

Rabu, 25 Januari 2023 - 16:20 WIB
loading...
A A A
Tank T-90M Rusia memilik jangkauan daya tembak 4.000 meter, sedangkan tank Leopard 2 Jerman sejauh 3.500 meter. Kedua proyektil yang digunakan hampir identik dalam karakteristiknya, namun tank T-90M Rusia memiliki kaliber yang lebih besar sehingga membuat perbedaan jangkauan sejauh 500 meter.



5. Pelindung Lapis Baja Tank
Duel Tank Leopard 2 Jerman Lawan T-90M Proryv Rusia, Ini Kalkulasi di Atas Kertas


Ada perbedaan pada armor atau pelindung lapis baja kedua tank tersebut. Armor multilayer dari tank Leoprad 2 Jerman terbuat dari baja kekerasan tinggi dan komponen keramik. Sedangkan baju besi tank T-90M Rusia terbuat dari paduan khusus dan bahan komposit.

Ada yang mengungkapkan tank Leoprad 2 memiliki titik lemah di lapisan dalam dan bagian belakang tangki karena hanya ada sedikit pelindung di sana. Namun, hal yang sama bisa juga ditemukan pada tank T-90M Rusia, terutama di bagian belakangnya.

Secara realistis, kedua tank akan mengalami kerusakan jika terkena proyektil tank musuh. Begitu juga ketika kena hantam senjata anti-tank genggam, kedua tank sama-sama mengalami nasib buruk. Di medan perang Ukraina, lapisan baja tank T-90M bisa ditembus senjata lawan. Di medan perang Suriah, tank Leopard 2 mengalami nasib serupa ketika dihantam oleh rudal anti-tank portabel Rusia.



Siapa Pemenangnya?
Tentu sulit, menentukan siapa pemenangnya, jika kedua tank bertemu dalam pertempuran Ukraina. Kedua tank memiliki statistik yang sama, dengan masing-masing memiliki keunggulan tertentu.

Tank T-90M Proryv Rusia akan menang, mengandalkan kurangnya pengalaman dengan teknik pasukan Ukraina. Tank Leopard 2 Jerman juga akan menang, dengan mengandalkan kemampuan manuvernya yang lebih baik.

Pertempuran ini akan ditentukan oleh dua faktor ini. Sebab, persenjataan maupun lapis baja kedua tank tidak ada yang lebih unggul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4513 seconds (0.1#10.140)