5 Penemuan Ibnu Sina yang Berpengaruh Besar bagi Dunia

Senin, 30 Januari 2023 - 15:44 WIB
loading...
5 Penemuan Ibnu Sina yang Berpengaruh Besar bagi Dunia
Ibnu Sina merupakan seorang filsuf, ilmuwan, dan dokter muslim asal Persia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ibnu Sina merupakan seorang filsuf, ilmuwan , dan dokter muslim asal Persia . Dunia barat mengenalnya dengan sebutan Avicenna.

Mengutip laman Britannica, Senin (30/1/2023), Ibnu Sina lahir di Uzbekistan pada tahun 980 Masehi. Dalam riwayatnya, dia dikenal sebagai salah satu ilmuwan dan dokter muslim berpengaruh sepanjang sejarah.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut didasarkan pada berbagai penemuan dan kontribusinya di berbagai bidang, termasuk kedokteran. Pada perkembangannya, temuan miliknya menjadi referensi dan punya pengaruh di dunia hingga saat ini.

Baca juga : Ibnu Sina, Mengapa Filsuf dan Dokter Ini Dituduh Atheis?

Berikut empat penemuan Ibnu Sina yang berpengaruh besar di dunia.

1. Metode Karantina

Karantina merupakan salah satu metode yang banyak digunakan beberapa waktu lalu, yakni saat pandemi Covid-19 menyebar. Dalam sejarahnya, ternyata penemuan metode karantina ini memiliki kaitan yang cukup lekat dengan Ibnu Sina.

Mengutip laman Morocco World News, Ibnu Sina menganjurkan penggunaan metode karantina untuk mengendalikan penyebaran penyakit. Hal ini disampaikan dalam ensiklopedia medisnya yang terdiri dari 5 jilid dan terbit pada 1025, yakni “The Canon of Medicine”.

Ibnu Sina menjelaskan bahwa penyakit bisa menyebar melalui partikel yang sangat kecil, bahkan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Dalam hal ini, para sejarawan menganggap bahwa karya Ibnu Sina tersebut menjadi dasar untuk ilmu karantina modern di masa kini.

2. Distilasi Uap Minyak Atsiri

Penggunaan minyak esensial telah dilakukan sejak zaman dulu, khususnya ketika melakukan penyembahan dan ritual. Hal ini banyak dilakukan oleh orang Mesir, Yunani, hingga China dan India.

Mengutip laman Ifaroma, Ibnu Sina telah menulis banyak buku yang menjelaskan berbagai efek tumbuhan pada tubuh. Melalui karya-karyanya, dia juga dianggap telah menyempurnakan metode distilasi dengan membuat koil berpendingin.

Salah satu kesuksesan atas hasil temuan metode distilasi ini adalah produksi minyak esensial Rosa Centifolia. Hal ini juga membuatnya banyak disebut sebagai pelopor penggunaan aromaterapi.

Baca juga : 3 Penemuan Penting Stephen Hawking

3. Teori Penularan TBC

Salah satu penemuan Ibnu Sina yang cukup terkenal adalah terkait teori penularan penyakit TBC. Seperti yang diketahui, masalah kesehatan tersebut sangatlah berbahaya dan mudah menular.

Suatu ketika, Ibnu Sina mendapat sebuah penemuan terkait penyakit TBC ini. Awalnya, penemuan tersebut sempat tidak diterima oleh ilmuwan barat karena merasa buktinya kurang.

Namun, setelah ditemukannya mikroskop, pada akhirnya teori penularan TBC Ibnu Sina berhasil dibuktikan kebenarannya dan banyak diterapkan di dunia medis.

4. Penemu Manfaat Etanol

Etanol merupakan bentuk cairan yang biasa digunakan pada bidang kedokteran. Dalam riwayatnya, Ibnu Sina juga pernah membuat penemuan yang berkaitan dengan senyawa tersebut.

Ibnu Sina menemukan kegunaan Etanol untuk membunuh mikroorganisme yang bisa memberi infeksi pada tubuh seseorang. Dia pun selalu menggunakan cairan tersebut ketika hendak menangani pasien atau meramu obat.

5. Buku Al Qanun fit-Tibb

Sepanjang hidupnya, Ibnu Sina telah banyak menulis berbagai buku dengan pembahasan yang beragam. Mengutip laman Muslim Heritage, salah satu yang terkenal dan terpenting adalah Al-Qanun fit-Tibb.

Dikenal juga sebagai Code of Laws in Medicine, karya ini menjadi buku medis terkemuka dan banyak dijadikan sebagai referensi karena isinya yang sangat bermanfaat.

Al-Qanun terdiri dari 5 kitab, pertama berkaitan dengan prinsip medis umum, kemudian materia medica, ketiga adalah tentang penyakit yang terjadi pada tubuh, keempat pembahasan tentang penyakit yang tidak spesifik pada satu bagian tubuh, dan yang terakhir adalah formula resep obat majemuk.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)