Ilmuwan Temukan Spesies Teratai Terbesar di Dunia

Kamis, 09 Februari 2023 - 13:01 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Spesies Teratai Terbesar di Dunia
Rekor Dunia Guinness mengakui Victoria Boliviana sebagai spesies teratai air terbesar, daun teratai terbesar, dan daun terbesar yang tidak terbagi. FOTO/ BLOOMBERG
A A A
LA PAZ - Sebuah spesies teratai raksasa dari Amerika Selatan yang ditemukan beberapa bulan lalu berhasil memecahkan beberapa rekor yang melibatkan flora air terbesar di dunia.



Rekor Dunia Guinness mengakui Victoria Boliviana sebagai spesies teratai air terbesar, daun teratai terbesar, dan daun terbesar yang tidak terbagi.

Spesies ini baru-baru ini diidentifikasi sebagai spesies yang berbeda oleh tim peneliti yang dipimpin oleh ahli hortikultura penelitian ilmiah dan botani Kew Garden, Carlos Magdalena.

Spesies ini diidentifikasi telah ada di Royal Botanic Gardens di London selama 177 tahun.

Namun sebelum ditemukannya spesies yang berbeda, teratai air raksasa diyakini berasal dari spesies terpisah yang disebut Victoria Amazonica.

Dengan demikian spesies tersebut juga mencatatkan rekor sebagai spesies baru teratai air raksasa pertama yang ditemukan dan didokumentasikan setelah lebih dari 100 tahun.

Secara resmi Victoria Boliviana dinobatkan sebagai teratai air raksasa terbesar di dunia.

"Penemuan yang dibuat tahun lalu kini memegang gelar Rekor Dunia Guinness untuk spesies teratai air terbesar, daun teratai terbesar, daun terbesar yang tidak terbagi," jelas Kew Gardens dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Bloomberg

Bagian tengah daun teratai Victoria boliviana dapat menopang berat hingga 79,8 kilogram dan dapat tumbuh dan tumbuh hingga lebih dari 3 meter.

Spesimen terbaru yang tercatat ditanam di taman La Rinconada di Santa Cruz de la Sierra, Bolivia dan memiliki diameter 3,19 meter.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2373 seconds (0.1#10.140)