Penemuan Harta Karun Yerusalem, Manik-manik Emas Langka Ini Punya Bentuk Unik

Selasa, 14 Februari 2023 - 21:19 WIB
loading...
Penemuan Harta Karun Yerusalem, Manik-manik Emas Langka Ini Punya Bentuk Unik
Manik-manik emas langka dengan bentuk unik ditemukan saat penggalian situs bangunan Romawi di Yerusalem. Foto/israel21c
A A A
YERUSALEM - Manik-manik emas langka dengan bentuk unik ditemukan saat penggalian situs bangunan Romawi di Yerusalem. Arkeolog terpesona dengan bentuk manik-manik emas yang rumit dan unik seperti gaya Mesopotamia berusia sekitar 4.500 tahun.

Pakar perhiasan kuno Otoritas Kepurbakalaan Israel (IAA) Dr Avi Golani mengklasifikasikan penemuan itu sebagai sangat langka dan sangat istimewa. Dia mengatakan sangat tidak biasa menemukan perhiasan emas dalam penggalian.

Seolah-olah bagian dari kalung atau gelang, manik-manik itu berada di antara puing-puing dari penggalian yang oleh para arkeolog disebut sebagai struktur Romawi yang megah. Bangunan Romawi yang digali adalah bagian dari penggalian yang sedang berlangsung di sepanjang Jalan Ziarah, di luar tembok Kota Yerusalem.



Strukturnya dibangun dengan gaya arsitektur yang berhubungan dengan orang-orang kaya pada masa itu. “Selain manik-manik emas, di situs tersebut ditemukan bejana tanah liat impor dan lantai mozaik yang dihias,” kata Direktur Penggalian IAA Shlomo Greenberg dan Ari Levy dikutip dari laman israel21c, Selasa (14/2/2023).

Arkeolog sangat tertarik pada manik-manik emas itu karena apa bentuknya dibuat bergaya Mesopotamia berusia 4.500 tahun yang dikenal rumit. “Hanya perajin profesional yang dapat menghasilkan manik-manik seperti itu, ini menjadi alasan mengapa temuan ini memiliki nilai tinggi,” kata pakar perhiasan kuno IAA, Dr. Amit Golani.
Penemuan Harta Karun Yerusalem, Manik-manik Emas Langka Ini Punya Bentuk Unik


Manik-manik itu sangat mungkin dibuat di luar Israel, karena Yerusalem memiliki hubungan dagang yang luas dengan wilayah lain pada saat itu. “Pemeriksaan yang cermat terhadap objek ini membuat seseorang sangat mengagumi keterampilan dan kemampuan teknis dari mereka yang datang sebelum kita berabad-abad yang lalu,” kata Golani.



Para arkeolog di Taman Nasional Tembok Emek Tzurim Yerusalem telah menemukan banyak temuan yang berasal dari sejarah Yerusalem, termasuk perhiasan langka, koin, dan pecahan tembikar. Penemuan manik-manik emas unik ini semakin mengungkap sejarah ratusan tahun lalu.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)