79 Tahun Hilang, Kapal Selam AS Era Perang Dunia II Ditemukan di Dasar Laut Jepang

Selasa, 21 Februari 2023 - 22:19 WIB
loading...
79 Tahun Hilang, Kapal Selam AS Era Perang Dunia II Ditemukan di Dasar Laut Jepang
Kapal selam Angkatan Laut AS USS Albacore, hilang pada November 1944 ketika sedang melakukan patroli perang yang ke-11. Foto/National Archive/Popular Mechanics
A A A
TOKYO - Setelah 79 tahun dinyatakan hilang dalam tugas, kapal selam Amerika Serikat (AS) pada era Perang Dunia II, USS Albacore, ditemukan di dasar laut lepas pantai utara Jepang . USS Albacore membawa 85 awak diperkirakan tenggelam setelah menabrak ranjau laut.

Kapal selam Angkatan Laut AS USS Albacore, hilang pada November 1944 ketika sedang melakukan patroli perang yang ke-11. Setelah 79 tahun, bangkai kapal selam USS Albacore ditemukan di lepas pantai Hokkaido, pulau paling utara Jepang.

NHK News Jepang melaporkan kapal selam itu ditemukan sekitar 4,3 mil atau 6,9 km dari kota Hakodate. Lokasi ini tepat berada di Selat Tsugaru, jalur sempit antara Hokkaido dan pulau utama Honshu.



USS Albacore kemungkinan besar ditempatkan untuk menyergap setiap pengiriman yang melewati selat tersebut. Bisa juga kapal selam itu sedang melakukan perjalanan di antara kedua pulau tersebut.

USS Albacore ditemulan oleh Profesor Tamaki Ura, dari Universitas Tokyo menggunakan robot atau kendaraan bawah air dan mengambil gambar badan kapal selam yang terbaring di dasar laut. Data tersebut dilaporkan kepada Komando Peninggalan dan Sejarah Angkatan Laut AS dan Komando Cabang Arkeologi Bawah Air mengonfirmasi bahwa itu adalah USS Albacore.

“Kami menemukan apa yang tampak seperti lambung (kapal selam) berukuran 164 kaki (49,9 meter) di dasar laut kedalam 820 kaki (249,9 meter),” kata Ura kepada NHK dikutip SINDOnews dari laman popularmechanics, Selasa (21/2/2023).

USS Albacore memiliki panjang 311 kaki (94,7 meter), jadi setengah dari lambungnya terkubur di dasar laut, atau kapal selam itu melebihi kedalamannya dan pecah saat turun. Kapal selam USS Albacore merupakan kelas Gato, yang memiliki kemampuan menyelam pada kedalaman 300 kaki (91,4 meter).



Bangkai kapal selam itu diperiksa secara komprehensif dan terdapat beberapa fitur utama dari kapal selam kelas Gato yang dibuat pada akhir tahun 1944. Di antaranya, ada piringan dan tiang Radar SJ, deretan lubang ventilasi di sepanjang bagian atas superstruktur, dan tidak adanya pelat baja di sepanjang tepi atas fairwater.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)