79 Tahun Hilang, Kapal Selam AS Era Perang Dunia II Ditemukan di Dasar Laut Jepang

Selasa, 21 Februari 2023 - 22:19 WIB
loading...
A A A
“Melalui kerja keras dan kerja sama yang berkelanjutan, kami dapat mengonfirmasi identitas USS Albacore setelah hilang di laut selama lebih dari 70 tahun. Kami dengan tulus berterima kasih kepada Dr Ura dan timnya atas upaya mereka menemukan bangkai kapal Albacore,” kata Direktur Naval History and Heritage Command (NHHC) Laksamana Muda (Purn) Samuel J Cox.
79 Tahun Hilang, Kapal Selam AS Era Perang Dunia II Ditemukan di Dasar Laut Jepang


USS Albacore ditugaskan hanya tujuh bulan setelah peristiwa Pearl Harbor dan merupakan salah satu kapal selam perang yang paling sukses. USS Albacore menenggelamkan 10 kapal musuh, termasuk kapal angkut, kapal tanker, kapal barang, dan kapal patroli.

USS Albacore bertanggung jawab atas tenggelamnya kapal induk baru Taiho, andalan armada Jepang, selama Pertempuran Laut Filipina. Selama dua tahun berdinas, USS Albacore dianugerahi Presidential Unit Citation dan sembilan bintang pertempuran.



Pada 24 Oktober 1944, USS Albacore meninggalkan Pearl Harbor untuk berpatroli di pantai Jepang. Setelah itu tak ada kontak lagi dengan kru USS Albacore, menurut catatan angkatan laut Jepang, sebuah kapal selam (diduga sebagai USS Albacore) meledak setelah menabrak ranjau di pantai Hokkaido pada 7 November 1944.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)