Leopard 2R Penyapu Ranjau, Tank Tanpa Meriam Bantuan Finlandia untuk Ukraina

Kamis, 23 Februari 2023 - 21:58 WIB
loading...
Leopard 2R Penyapu Ranjau, Tank Tanpa Meriam Bantuan Finlandia untuk Ukraina
Harapan Ukraina mendapat bantuan tank dari Eropa akhir terwujud, setelah Finlandia memastikan segera mengirim tiga unit tank Leopard 2R Penyapu Ranjau. Foto/Bulgarian Military/Twitter/Military Today
A A A
HELSINKI - Harapan Ukraina mendapat bantuan tank dari Eropa akhir terwujud, setelah Finlandia memastikan segera mengirim tiga unit tank Leopard 2R . Ini merupakan tank tanpa meriam, karena Leopard 2R berfungsi sebagai penyapu ranjau di medan perang.

Kementerian Pertahanan Finlandia memutuskan mengirim tiga unit Leopard 2R ke Ukraina pada 23 Februari 2023. Kementerian Pertahanan Finlandia juga berjanji akan memberikan pelatihan dan suku cadang Leopard 2R untuk Ukraina.

“Sudah setahun sejak dimulainya serangan Rusia, Ukraina masih membutuhkan dukungan dalam pertahanan. Kami mengirimkan lebih banyak materi pertahanan dan berpartisipasi dalam kerja sama Leopard bersama dengan mitra kami,” kata Menteri Pertahanan Mikko Savola dikutip dari Bulgarian Military, Kamis (23/2/2023).



Leopard 2R adalah tank Leopard yang diubah menjadi mesin penyapu ranjau berat yang digunakan untuk membersihkan jalur pasukan dari ladang ranjau. Leopard 2R bisa disebut sebagai tank tanpa meriam, karena diganti dengan bajak atau buldoser serta sistem penandaan otomatis.

Dikutip dari laman Tanknutdave, Angkatan Darat Finlandia membeli 114 Leopard 2 A4 dari Jerman dan sebanyak 10 unit telah diubah menjadi kendaraan penyapu ranjau. Leopard 2R dilengkapi dengan bajak atau bilah dozer, dan sistem penandaan otomatis buatan Firma Finlandia Patria.

Leopard 2R penyapu ranjau secara resmi disebut Heavy Mine Breaching Vehicle (HMBV) atau Kendaraan Pelanggar Ranjau Berat yang dikembangkan Finlandia. Leopard 2R pertama menjalani uji coba pada 2006 dan mulai beroperasi tahun 2008.
Leopard 2R Penyapu Ranjau, Tank Tanpa Meriam Bantuan Finlandia untuk Ukraina


Peran utama kendaraan ini adalah membersihkan jalur melalui ladang ranjau, menciptakan jalur yang aman untuk dilewati kendaraan militer lain. Kemampuan ini untuk mendukung unit penyerang bergerak cepat melalui rintangan, sebelum pasukan musuh membangun pertahanan.



Dikutip dari laman Military Today, Leopard 2R menggunakan sasis MBT Leopard 2A4 yang diperbarui, turret (ruang meriam) telah dilepas dan diganti dengan superstruktur baru yang tidak berputar. Pearson Engineering dari Inggris Raya menyediakan rangkaian lengkap peralatan pembersihan ranjau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2749 seconds (0.1#10.140)