Indentik dengan Paus, Ilmuwan Selidiki Monster Laut Norse

Kamis, 02 Maret 2023 - 10:11 WIB
loading...
Indentik dengan Paus, Ilmuwan Selidiki Monster Laut Norse
Hafgufa atau Norse moster laut yang menjadi legenda di Eropa. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Laut jadi bagian tidak terpisahkan mitologi bahwa laut menjadi tempat “ misterius ” bagi banyak makhluk yang sulit untuk dipahami.

BACA JUGA - Di Tangan Rusia Monster-monster Laut Uni Soviet Jadi Lebih Menakutkan

Seperti makhluk mitologi Norse yang diambil dari kata Hafgufa sebuah monster laut raksasa yang bentuk jelasnya tidak pernah diketahui.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (2/3/2023), monster ini disebut-sebut mirip seperti seekor paus yang ukurannya sendiri tidak pernah dipastikan.

Namun, ketika arkeolog maritim Dr John McCarthy memutuskan untuk melihat kembali kisah-kisah monster laut Norse, dia melihat kesamaannya dengan paus.

''Saya terkejut bahwa deskripsi Norse tentang hafgufa sangat mirip dengan perilaku yang ditunjukkan dalam video perangkap memberi makan paus,'' tutur John

Yang diketahui hanyalah satu fakta, bahwa jika laut surut, ia terkadang akan muncul dari laut dalam dan kemudian sekedar memperlihatkan batang hidungnya saja di atas permukaan laut.

Dari kejauhan, dari sudut pandang manusia, mirip dengan dua buah batu raksasa yang menjulang tinggi secara misterius.

John memulai menyelidikinya secara mendetail dan mendiskusikannya dengan rekan-rekan yang berspesialisasi dalam literatur mitos tersebut

'' Kami menyadari bahwa versi tertua dari mitos-mitos ini sama sekali tidak menggambarkan monster laut, tetapi secara eksplisit menggambarkan sejenis paus.' ungkap John.

Cerita kuno yang menyebut Norse akan terlihat seperti batu yang akan tampak seperti sebuah pulau penuh tumbuhan buah.

Jika para pelaut mendarat dan tertarik untuk menjelajahinya, Hafgufa akan menyelam langsung ke lautan, menenggelamkan dan membunuh mereka.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)