Dijuluki Smurf, Ikan Lingcod Ini Punya Daging Warna Biru Neon

Jum'at, 10 Maret 2023 - 07:33 WIB
loading...
Dijuluki Smurf, Ikan Lingcod Ini Punya Daging Warna Biru Neon
Ikan lingcod memiliki warna biru neon sampai ke dagingnya. Namun, tetap enak untuk dikonsumsi. Foto: dok Oddity Central
A A A
AMERIKA - Biasanya, ikan lingcod hidup di pantai barat Amerika Utara punya warna coklat-merah atau abu-abu. Tapi ternyata memang ada ikan lingcod langka, punya warna biru neon. Uniknya lagi, ikan tersebut juga sangat populer di kalangan pencinta makanan laut. Mengapa? Karena dagingnya sangat lezat.

Ikan lingcod hidup di dasar laut, bisa tumbuh hingga 152 cm. Karena warnanya yang biru itu, disebut “smurf cod” . Sebab hanya sekitar 20 persen dari spesimen ini yang memiliki daging berwarna biru neon.

Hingga kini ilmuwan belum bisa menjelaskan mengapa lingcod bisa berwarna biru. Pada 2016, ahli ekologi kelautan Aaron Galloway menemukan lingcod biru pertamanya. Aaron bingung karena ikan itu berwarna biru baik di dalam maupun di luar.

Galloway mencoba menggali informasi lebih banyak soal ikan tersebut. Namun tidak banyak yang bisa didapat. Dilansir dari Oddity Central, warna biru lingcod diduga merupakan hasil pigmen empedu yang disebut biliverdin.

Tapi, bagaimana warna itu bisa menyatu dengan daging, dan mengapa hanya memengaruhi beberapa ikan lingcod, masih jadi pertanyaan besar hingga kini.

Galloway melakukan penelitian yang melibatkan 2.000 ikan lingcod di sepanjang garis pantai AS.

Dijuluki Smurf, Ikan Lingcod Ini Punya Daging Warna Biru Neon

“Kami ingin melihat faktor apa yang berhubungan dengan warna biru. Belum ada studi sistematis tentang ini,” kata Galloway kepada The Toronto Star. Ilmuwan menganalisis data dan menunjukkan bahwa kemungkinan daging biru bisa ditemukan pada ikan betina. Terutama yang ditangkap di perairan dangkal dan ukurannya lebih kecil.



Fenomena lingcod biru berkisar antara 4 hingga 25 persen tergantung wilayahnya. Memang 80 persen dari ikan cod biru adalah betina. Namun, masih ada 20 persen lagi yang berjenis kelamin jantan dan masih memiliki warna biru.

“Beberapa asam lemak yang kami telusuri menunjukkan ikan biru itu mungkin kelaparan atau mungkin mengalami semacam tekanan nutrisi,” kata Galloway.

Ikan lingcod dengan daging berwarna biru masih tetap aman untuk dimakan. Saat dimasak, warna biru tersebut akan berubahjadiputih.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)