Rusia Nyalakan Laser Tsar Raksasa untuk Simulasi Ledakan Nuklir

Jum'at, 10 Maret 2023 - 21:34 WIB
loading...
A A A
Sementara Prancis memiliki Laser Megajoule, dengan 80 sinar yang menghasilkan 350 kilojoule. Ada juga laser Orion Inggris menghasilkan energi 5 kilojoule, Laser SG-III China yang menghasilkan 180 kilojoule.
Rusia Nyalakan Laser Tsar Raksasa untuk Simulasi Ledakan Nuklir


Jika selesai, Laser Tsar akan melampaui semuanya. Seperti NIF, Laser Tsar memiliki 192 balok, tetapi dengan output gabungan yang lebih tinggi sebesar 2,8 megajoule. Namun, saat ini, baru tahap pertama yang diluncurkan.

Pada pertemuan Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada Desember 2022, seorang pejabat mengungkapkan bahwa laser memiliki 64 sinar dalam kondisi saat ini. Total output mereka adalah 128 kilojoule, 6 persen dari kemampuan akhir yang direncanakan. "Langkah selanjutnya adalah menguji mereka," kata pejabat itu.



Dalam hal membangun laser untuk menguji reaksi nuklir, "semakin besar, semakin baik," kata Stefano Atzeni, fisikawan di Universitas Roma, Italia. Memperluas batas eksperimen berpotensi memberi peneliti nuklir lebih banyak data yang berguna.

Lewis menambahkan, fakta bahwa Rusia sedang mengembangkan Laser Tsar menunjukkan bahwa Moskow ingin mempertahankan cadangan nuklirnya. "Itu pertanda bahwa mereka merencanakan hal-hal ini untuk waktu yang lama, dan itu tidak bagus," ucapnya.

WIRED mendekati NIF dan ROSATOM, Perusahaan Energi Atom Negara Rusia, untuk menjelaskan kabar ini. Namun, mereka tidak berkomentar.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)