Mengenal Senjata Nuklir Taktis yang Dimiliki Rusia, Ini Kehebatannya

Rabu, 23 Maret 2022 - 07:43 WIB
loading...
Mengenal Senjata Nuklir Taktis yang Dimiliki Rusia, Ini Kehebatannya
Senjata nuklir taktis adalah senjata yang dapat digunakan dalam jarak yang relatif pendek. Ini membedakan dari senjata nuklir strategis era perang dingin. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara mengkhawatirkan perang yang berkecamuk di Ukraina bisa menjadi perang nuklir antara Rusia dan Amerika. Apalagi Rusia sudah memberi sinyal akan menembakan senjata nuklirnya jika mereka terancam oleh Amerika Serikat dan negara-negara yang tergabung dalam NATO.

Dikutip dari BBC, Rabu (23/3/2022), segera setelah Rusia menginvasi Ukraina, Presiden Vladimir Putin menyiapkan pasukan nuklirnya dalam siaga tinggi.

Pernyataan Putin telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Moskow dapat menggunakan senjata nuklir taktis. Ini bukan perang nuklir habis-habisan, tetapi tetap merupakan menjadi perang yang mengerikan.



Lalu apa itu senjata nuklir taktis? Senjata nuklir taktis adalah senjata yang dapat digunakan dalam jarak yang relatif pendek. Ini membedakan dari senjata nuklir "strategis" dalam perang dingin.

Senjata nuklir taktis ini adalah bom yang dapat diluncurkan oleh AS dan Rusia dari jarak jauh di tanah air masing-masing.

Menurut data intelijen, diperkirakan Rusia memiliki sekitar 2.000 senjata nuklir taktis. Ini dapat ditempatkan pada berbagai jenis rudal yang biasanya digunakan untuk mengirimkan bahan peledak konvensional.

Senjata nuklir taktis bahkan dapat ditembakkan sebagai peluru artileri di medan perang. Mereka juga telah dikembangkan untuk pesawat dan kapal - misalnya torpedo untuk menargetkan kapal selam.



Senjata nuklir taktis sangat bervariasi dalam ukuran dan kekuatan. Yang terkecil bisa satu kiloton atau kurang (setara dengan seribu ton bahan peledak TNT), yang lebih besar mungkin sebesar 100 kiloton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5983 seconds (0.1#10.140)