Terungkap! Peradaban Pesisir Swahili Dibawa oleh 7 Pangeran Persia

Kamis, 30 Maret 2023 - 21:21 WIB
Arkeolog University of South Florida, Chapurukha Kusimba mengatakan, data yang dikumpulkan dari 7 lokasi di Kenya dan Tanzania modern, data tersebut merupakan studi DNA kuno terbesar yang pernah ada di Afrika.

"Pertanyaan yang sudah lama ada ini telah terjawab," kata peneliti yang memimpin penelitian.

Penelitian Kusimba, diterbitkan di Nature dan memecahkan sejarah misterius pantai Swahili. Temuan itu, kemudian dikombinasikan dengan bukti arkeologi dari kota-kota di sepanjang pantai Swahili dan bukti genetik.

"Ini benar-benar sebuah karya ilmiah yang luar biasa," timpal Peter Schmidt, arkeolog dari Universitas Florida.

Ketika Kusimba mulai menggali pemakaman di kota-kota Swahili, pada pertengahan 1990-an, dari artefak yang dia temukan, 95% berasal dari lokal. Dengan hanya sedikit barang perdagangan impor.

Namun Kusimba memutuskan untuk mencari lebih banyak bukti langsung mengenai asal-usul para pendiri Swahili.

Yang mengejutkan, kerangka-kerangka tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan orang-orang yang dikuburkan lebih jauh ke pedalaman, sebuah petunjuk bahwa mereka berasal dari daerah setempat.

"Kusimba mengira DNA yang diekstrak dari tulang belulang, mungkin bisa menceritakan kisah yang lebih jelas. Namun, 20 tahun yang lalu teknik DNA purba masih dalam tahap awal," jelasnya.

Para pedagang dari Persia, menurut para penulis, berlayar ke selatan melintasi Laut Arab dengan angin muson. Setelah mendarat di pantai Swahili, mereka menikah dengan keluarga-keluarga lokal yang berkuasa.

"Mereka akan tinggal di tempat mereka berdagang, terkadang selama bertahun-tahun," pungkasnya.