Bukti Pergerakan Alam Semesta Menghasilkan Musik Ilahi

Sabtu, 01 April 2023 - 12:19 WIB
loading...
Bukti Pergerakan Alam Semesta Menghasilkan Musik Ilahi
Ilustrasi bumi dan alam semesta. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan, bahwa pergerakan alam semesta menghasilkan musik ilahi. Hal ini dibuktikan dengan rekaman satelit atas gelombang suara yang beresonansi dengan magnetosfer bumi.

Magnetosfer bumi merupakan gelembung magnetik yang melindungi manusia dari radiasi luar angkasa.

Dilansir dari Universal SCI, ada dua hal penting yang menyebabkan nada-nada alat musik terdengar, yakni ukuran dan bentuk alat musik, serta kecepatan suara di dalamnya.



Kedua hal itu menentukan nada-nada dan warna suara, karakter atau kualitas suara. Melalui gelombang berdiri atau resonansi yang tereksitasi di dalam alat musik saat gelombang suara memantul di sekitarnya.

"Sederhana dan elegan, namun menjelaskan keragaman suara musik yang dimungkinkan. Hal yang sama juga terjadi di dalam magnetosfer pelindung bumi, yang diukir oleh angin matahari," tulis laman itu, dikutip Sabtu (1/4/2023).

Angin matahari itu membentuk gelombang suara atau osilasi yang bergerak di ruang angkasa. Gelombang itu tidak persis sama dengan yang biasa didengar di bumi.

"Ruang angkasa dipenuhi dengan plasma, bukan gas biasa: suatu kondisi materi yang berbeda yang terbuat dari partikel-partikel bermuatan yang dapat menghasilkan dan dipengaruhi medan listrik dan magnet," jelasnya.



Interaksi semacam ini dapat menghasilkan gelombang suara yang setara dengan plasma: gelombang magnetosonik. Gelombang ini juga merupakan gelombang tekanan, tetapi dengan beberapa magnet tambahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)