Rover Jelajah Seukuran Jeep Wrangler Bakal Diboyong ke Bulan pada 2026

Senin, 03 April 2023 - 16:52 WIB
loading...
Rover Jelajah Seukuran Jeep Wrangler Bakal Diboyong ke Bulan pada 2026
Ilustrasi jelajah bulan. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebuah startup bernama Astrolab mengungkapkan, bahwa mereka baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan perusahaan luar angkasa swasta Elon Musk, SpaceX untuk menghadirkan rover jelajah ke bulan pada tahun 2026.

Dilaporkan, bahwa saat ini mereka tengah sibuk mengerjakan rover jelajah yang nantinya akan difungsikan untuk membawa peralatan, persediaan, dan juga para astronot untuk melintasi permukaan bulan.

Dilansir dari Engadget, Senin (3/4/2023), rover bernama FLEX nantinya akan seukuran mobil SUV Jeep Wrangler, membuatnya sedikit lebih besar dari penjelajah Perseverance NASA di Mars.



Rover juga bakal dilengkapi lengan robot ubtuk mengangkut kargo dan dapat melaju hingga 15 mil per jam.

Dengan ukurannya yang cukup besar, FLEX bisa membawa cukup banyak barang serta dua orang astronot. Astrolab bahkan mengklaim bahwa FLEX akan menjadi mobil penjelajah terbesar yang bakal menjelajahi permukaan bulan.

“Ini adalah kontrak kargo komersial pertama SpaceX ke permukaan bulan. Pada akhirnya tujuan kami adalah memiliki armada penjelajah baik di bulan maupun Mars," kata Jaret Matthews, CEO Astrolab.



Matthews memberi tahu, Astrolab sudah memiliki pelanggan yang menunggu untuk menggunakannya untuk membawa kargo selama misi Starship 2026. FLEX juga disebut dapat membantu membangun keberadaan manusia permanen di bulan dan sekitarnya.

"Dan saya benar-benar berpikir saya melihat kendaraan ini sebagai katalis pada akhirnya untuk ekonomi luar bumi," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)