Mengenal Alif dan Raya, Harimau Sumatra yang Baru Lahir di Kebun Binatang Inggris

Kamis, 13 April 2023 - 15:15 WIB
loading...
Mengenal Alif dan Raya, Harimau Sumatra yang Baru Lahir di Kebun Binatang Inggris
Sepasang bayi harimau Sumatra baru saja lahir di sebuah kebun binatang Inggris beberapa waktu lalu. Foto DOK Fox6
A A A
JAKARTA - Sepasang bayi harimau Sumatra baru saja lahir di sebuah kebun binatang Inggris beberapa waktu lalu. Pemberitaan terhadap kedua bayi harimau tersebut langsung menjadi pusat perhatian, terutama ketika pihak kebun binatang terkait memperlihatkan potretnya untuk pertama kali ke ranah publik.

Sekadar informasi, harimau sumatra sendiri menjadi salah satu hewan langka yang dilindungi. Sama seperti kebanyakan binatang langka lain, keberadaannya hanya tersisa sedikit dan populasinya terancam.

Terbaru, kabar yang sedikit melegakan datang dari kebun binatang Chester Zoo di Inggris. Beberapa waktu lalu, telah lahir sepasang bayi harimau sumatra dengan jenis kelamin yang belum diketahui secara pasti.



Mengutip laman Chester Zoo, Kamis (13/3/2023), si kembar mungil lahir dari orang tua Kasarna dan Dash pada 7 Januari lalu. Melalui kamera CCTV yang dipasang di sekitar kandangnya, tampak keluarga baru tersebut memulai kehidupannya yang menggemaskan.

Tak hanya itu, sesekali kedua bayi harimau Sumatra ini juga sudah berani dan memiliki kepercayaan untuk menjelajah ke luar kandangnya.

Berstatus sebagai salah satu subspesies langka di dunia, keberadaan bayi kembar tersebut menjadi tambahan signifikan untuk program konservasi global dengan tujuan menyelamatkannya dari kepunahan.



Dave Hall selaku Manajer Tim Karnivora di Chester Zoo menyampaikan bahwa kelahiran dua bayi harimau Sumatra ini setidaknya menjadi angin segar di tengah upaya jangka panjang untuk melindungi hewan tersebut.

Lebih lanjut, dia memperkirakan saat ini hanya terdapat kurang lebih 350 harimau Sumatra yang hidup di alam liar. Mengingat statusnya ini, dirinya pun berharap kedua bayi yang lahir dapat menjaga kelangsungan hidup spesies tersebut.

Kemudian, sepasang bayi harimau yang lahir tersebut diberikan nama masing-masing Alif dan Raya. Penamaan Alif dilakukan atas dasar popularitasnya dan banyak digunakan di Indonesia. Sedangkan Raya diambil dari nama Suaka Margasatwa Gunung Raya, Sumatra Selatan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4866 seconds (0.1#10.140)