Berusia 52 Juta Tahun, Ini Fosil Kelelawar Tertua yang Pernah Ditemukan di Dunia

Kamis, 13 April 2023 - 17:49 WIB
Para ilmuwan menemukan fosil dua kerangka kelelawar tertua di dunia yang diperkirakan berusia 52 juta tahun. Foto/Plos One/Live Science
WASHINGTON - Para ilmuwan menemukan fosil dua kerangka kelelawar tertua di dunia yang diperkirakan berusia 52 juta tahun. Fosil kerangka kelelawar yang terawetkan sempurna ditemukan di Sungai Hijau, barat daya negara bagian Wyoming, Amerika Serikat (AS).

Kerangka kelelawar yang ini termasuk spesies langka yang belum pernah ditemukan sebelumnya sehingga memicu perombakan dalam silsilah keluarga kelelawar. Spesies yang baru ditemukan lebih kecil dari spesies kelelawar terdekat yang diketahui, indeks Icaronycteris.

“Ketika saya pertama kali melihat kerangka pertama, saya langsung berpikir itu berbeda. mereka ditemukan lebih rendah di stratigrafi (lapisan sedimen) dibandingkan dengan fosil kelelawar lainnya, mereka mewakili kerangka tertua,” kata Tim Rietbergen, ahli paleontologi kelelawar dan manajer koleksi di Pusat Keanekaragaman Hayati Naturalis di Leiden, Belanda, kepada Live Science, Kamis (13/4/2023).

Kelelawar pertama kali berevolusi selama zaman Eosen atau 56 juta hingga 36 juta tahun yang lalu. Hingga saat ini, kerangka kelelawar tertua yang tercatat adalah sisa-sisa fosil Icaronycteris index yang berusia lebih dari 50 juta tahun.

Spesies primitif lain, disebut Onychonycteris finneyi, keduanya dideskripsikan oleh ahli paleontologi dari endapan Formasi Sungai Hijau. “Formasi Green River adalah salah satu lokasi kami menemukan kerangka yang paling terawetkan,” kata Rietbergen.

Penemuan baru fosil kerangka kelelawar ini dijelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal PLOS One pada Rabu 12 April 2023. Penemuan ini telah memicu perombakan klasifikasi kelelawar awal untuk memasukkan spesies yang baru ditemukan dalam silsilah keluarga.

Untuk menentukan sejarah evolusi, atau filogeni kelelawar, para peneliti membandingkan fosil baru dengan kerangka utuh dari enam spesies kelelawar Eosen. Termasuk dengan gigi terisolasi dari dua spesies punah lainnya dan dengan kerangka kelelawar hidup.

Hasilnya menunjukkan bahwa kerangka kelelawar yang baru ditemukan milik spesies Icaronycteris yang belum pernah dilihat sebelumnya, yang mereka beri nama Icaronycteris gunnelli, seperti nama mendiang ahli biologi kelelawar Greg Gunnell.

Para ilmuwan juga mendeteksi hubungan saudara dengan satu-satunya spesies Icaronycteris yang tercatat di Amerika Utara, indeks Icaronycteris, yang berarti bahwa mereka adalah kerabat terdekat satu sama lain. Pemindaian mendetail dari fosil menunjukkan bahwa Icaronycteris gunnelli memiliki berat kurang dari satu ons, yang kira-kira sama dengan massa tubuh Icaronycteris indeks.

Perbedaan antara berat yang direkonstruksi dan lebar sayap bisa disebabkan oleh deformasi tulang selama fosilisasi. “Spesies yang baru dideskripsikan ini dianggap sebagai salah satu kerangka kelelawar artikulasi tertua yang diketahui, memberikan wawasan baru tentang filogeni fosil kelelawar paling awal kita,” Emma Teeling, seorang profesor zoologi di University College Dublin di Irlandia.