Papan Skor Permainan Bola Bangsa Maya Kuno, Batu Berukir Melingkar Ini Berusia 1.000 Tahun

Sabtu, 15 April 2023 - 20:21 WIB
loading...
A A A
Permainan yang berasal lebih dari 3.000 tahun yang lalu ini dimainkan dengan bola karet padat yang beratnya bisa mencapai 4 kg. Tujuannya adalah untuk mendapatkannya melalui lingkaran batu vertikal di kedua sisi lapangan.

Pemain akan menggunakan pinggul, paha, dan terkadang tongkat kayu untuk mengoper bola ke rekan satu tim dan mencetak poin. Tim juga akan kehilangan poin jika bola menyentuh tanah, dan satu pertandingan bisa bertahan hingga dua minggu.
Papan Skor Permainan Bola Bangsa Maya Kuno, Batu Berukir Melingkar Ini Berusia 1.000 Tahun


Ada lagi, lapangan pelota yang lebih besar, bernama 'Lapangan Bola Besar' yang terletak di tengah Semenanjung Yucatan, yang dianggap telah mengadakan pertandingan yang tak terhitung jumlahnya. Pelota masih dimainkan oleh masyarakat adat di beberapa bagian Amerika Tengah.



Artefak bernama 'Disk of the Pelota Players', bertuliskan referensi tanggal dalam kalender Maya yang setara dengan tahun 894 Masehi. Oleh karena itu, para arkeolog percaya bahwa itu dibuat untuk pertandingan pelota peringatan antara 800 M dan 900 M, dalam periode Maya Klasik Terminal atau Awal Postklasik.

Oleh karena itu, para arkeolog berpikir itu mungkin pernah menjadi bagian dari dinding gapura, tetapi jatuh saat runtuh. Mereka berharap analisis prasasti dapat mengungkap hasil pertandingan, dan identitas kedua pemain yang ditampilkannya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)