Ilmuwan Temukan Cara Mendeteksi Penipu yang Wara-wiri di Aplikasi Kencan

Minggu, 16 April 2023 - 12:45 WIB
loading...
A A A
Profiling yang paling banyak ditemukan juga dilakukan dengan mengaku sebagai anggota militer dan sejenisnya. Mereka memasang foto lengkap dengan seragam militer guna menipu korban yang memang tertarik dengan tentara dan sejenisnya.

Setelah pengguna aplikasi jatuh cinta pada teknik profiling ini, penipu umumnya menggunakan sejumlah teknik persuasif untuk menjalin keintiman dan kepercayaan.

Mereka akan mulai menyentuh sisi ekspresi liris. Misalnya memberikan perhatian pada hewan peliarhaan dan sanjungan langsung untuk menunjukkan kerinduan yang kuat pada pasangan.

Wanita berusia antara 35 dan 54 tahun sering diyakini menjadi sasaran ini, terutama jika mereka memiliki pengalaman internet yang terbatas dan pemahaman yang buruk tentang penipuan.



Ilmuwan Temukan Cara Mendeteksi Penipu yang Wara-wiri di Aplikasi Kencan


Ketika korban akhirnya terpikat, penipu kemudia mulai menguras harta korban dengan berbagai cara.

Pelaku profiling dengan gaya militer biasanya meminta uang untuk melarikan diri dari situasi darurat. Entah terkait dengan kesehatan atau ketidakmampuan mengakses dana.

Memberikan bantuan kepada anggota keluarga adalah alasan utama lain untuk penipuan permintaan uang selain kebutuhan makanan dan obat-obatan.

Dengan perincian ini sekarang, para ahli berharap bahwa lebih banyak skema pencegahan dilakukan di aplikasi-aplikasi kencan itu. Tujuannya membantu pengguna kencan online menghindari situasi berisiko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)