Lembar Daftar Tugas Misi ke Bulan Milik Komandan Apollo 17 Terjual Rp11 Miliar

Senin, 17 April 2023 - 20:02 WIB
loading...
Lembar Daftar Tugas Misi ke Bulan Milik Komandan Apollo 17 Terjual Rp11 Miliar
Lembaran kertas berisi daftar tugas Komandan Apollo 17 Gene Cernan dilelang di RR Auction, Boston, Amerika Serikat (AS). Foto/RR Auction/NewAtlas
A A A
BOSTON - Lembaran kertas berisi daftar tugas Komandan Apollo 17 Gene Cernan dilelang di RR Auction, Boston, Amerika Serikat (AS). Lembaran kertas daftar tugas yang dikenakan di pergelangan tangan astronot Gene Cernan saat melakukan misi terakhir ke Bulan terjual senilai USD744.994 atau sekitar Rp11 miliar.

Lembaran daftar tugas tersebut dikenakan oleh Cernan ketika melakukan aktivitas luar kendaraan (EVA) di permukaan Bulan ketiga dan terakhir. Saat itu Cernan berjalan di Bulan di wilayah Taurus Littrow pada tanggal 14 Desember 1972.

Daftar tersebut berisi rincian tugas yang harus diselesaikan para astronot, catatan tertulis oleh Cernan, peta area (yang pertama untuk eksplorasi bulan), dan tiga kartun anjing astronot yang dimasukkan oleh kru cadangan. Sebuah tradisi Apollo, meninggalkan kejutan untuk kru utama dalam lembaran daftar periksa.



Namun, apa yang membedakan daftar periksa berjilid spiral setebal 25 halaman ini dari yang lain yang dalam misi ke Bulan adalah ditulis oleh Cernan. Dia merupakan orang terakhir yang meninggalkan Bulan, setelah membuat catatan dari plakat yang ditempelkan di tangga satelit Lunar Module Challenger sebelum naik ke pesawat ruang angkasa.

“Di sini manusia menyelesaikan penjelajahan pertamanya ke Bulan, Desember 1972 M. Semoga semangat perdamaian yang kita datangi tercermin dalam kehidupan seluruh umat manusia," tulis Cernan pada plakat tersebut.
Lembar Daftar Tugas Misi ke Bulan Milik Komandan Apollo 17 Terjual Rp11 Miliar


Cernan mengatakan, catatan ini adalah peringatan bagi astronot di masa depan untuk kembali ke Bulan di masa depan. Dia berharap misi ke Bulan selanjutnya dapat lebih mengekplorasi banyak hal dan lebih bermakna.



“Ketika saya mengambil langkah terakhir manusia dari permukaan, kembali ke rumah untuk beberapa waktu yang akan datang dan kembali lagi di masa depan. Saya hanya ingin (mengatakan) apa yang saya yakini ini akan dicatat oleh sejarah,” kata Cernan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)