Gam Gam Ki Elekh Lagu dan Doa Kaum Yahudi Viral di TikTok, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Minggu, 23 April 2023 - 08:14 WIB
loading...
Gam Gam Ki Elekh Lagu dan Doa Kaum Yahudi Viral di TikTok, Ini Penjelasan Ilmiahnya
Gam Gam Ki Elekh adalah lagu pujian dan Doa Kaum Yahudi yang liriknya diambil dari sebuah kitab Mazmur. FOTO/ AU
A A A
JERUSALEM - Gam Gam Ki Elekh , sebuah lagu yang tengah viral di TikTok dan Instagram disebut-sebut adalah doa-doan pujian kaum Yahudi terhadap tuhan mereka.



Penyanyi yang mempopulerkannya adalah Neshama Carlebach dan Shlomo Carlebach. Sementara penulis liriknya adalah Elie Botbol. Berlirik Gam Gam Biara, tembang tersebut sebenarnya berjudul Gam Gam Ki Elekh.

Adapun lagu tersebut bercerita mengenai penderitaan anak kaum Yahudi di masa penindasan Nazi Jerman pada era Perang Dunia II.

Bahkan, lagu Gam Gam Biara atau Gam Gam Piri, atau juga Gam Gam dalam Yahudi diambil dari Kitab Mazmur Psalms 23:4.

Kitab Mazmur (disingkat Mazmur; akronim Mzm.) merupakan salah satu kitab pada Perjanjian Lama Alkitab Kristen dan Tanakh (atau Alkitab Ibrani).

Yang artinya adalah ‘Walaupun aku berjalan di lembah dalam bayangan kematian aku tidak akan takut karena Engkau berada di sisiku. Penjagaan-Mu dan Tongkat-Mu meyenangkan hatiku’.

Dalam Perjanjian Lama, Kitab Mazmur merupakan bagian dari kelompok kitab-kitab puisi. Sedangkan pada Alkitab Ibrani, kitab ini merupakan salah satu dari tiga kitab puisi yang bernama Kitab Tehillim (סֵפֶר תְּהִלִּים, translit. Sefer Tehillim) dalam kelompok Ketuvim.

Dalam Septuaginta Yunani, kitab ini disebut "Βιβλίον Ψαλμοί" (Biblíon Psalmoí), yang lalu diserap menjadi "Liber Psalmorum" dalam Vulgata Latin.

Sajak-sajak keagamaan ini terdiri atas berbagai macam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)