Punya Kemampuan Kamuflase, 5 Spesies Laba-laba Ini Sulit Dilihat dengan Mata Telanjang

Senin, 24 April 2023 - 08:05 WIB
Spesies laba-laba ini sulit dilihat dengan mata telanjang karena memiliki kemampuan kamuflase. Foto: dok Mental Floss
JAKARTA - Ada banyak sekali spesies laba-laba yang ditemukan sampai saat ini. Bahkan jumlahnya terus bertambah. Mereka hadir dengan berbagai keunikan masing-masing. Mulai bentuk tubuh, warna, hingga kemampuan spesialnya.

Salah satu keunikan yang ada dalam beberapa spesies laba-laba adalah kemampuannya untuk beradaptasi dan berkamuflase.

Laba-laba dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungannya untuk mengelabui mangsa. Ada yang diketahui bisa berubah warna dan mencari lokasi yang pas untuk bersembunyi.

Namun, hal ini hanya mampu dilakukan pada beberapa spesies saja. Untuk lebih jelasnya, berikut ini deretan laba-laba dengan kemampuan kamuflase luar biasa:

1. Misumena vatia

Spesies laba-laba kepiting ini biasanya berada di daun atau bunga. Mereka akan berubah warna menyesuaikan dengan kelopak bunganya. Misumena vatia bisa dijumpai di kawasan Amerika Utara dan Eropa. Karena kemampuannya berubah warna ini, dia akan terlihat seperti menyatu dengan latar tempatnya.

Laba-laba ini akan menunggu mangsa seperti kupu-kupu atau lebah yang hinggap. Kemudian menyambar dengan kaki depannya sambil menyuntikkan racun.

2. Pandercetes gracilis

Laba-laba yang satu ini bisa ditemukan di wilayah Australia dan sekitarnya. Disebut juga Lichen Huntsman, spesies ini memang tidak punya kemampuan berubah warna.

Namun, mampu menemukan kulit kayu atau latar belakang lainnya yang benar-benar mirip dengan tubuhnya. Laba-laba ini akan terdiam di tempat sampai mangsanya datang. Matanya yang berada di depan, atas, dan belakang sangat membantu mengetahui kedatangan mangsa dari segala arah.

3. Peckhamia picata

Sekilas mungkin laba-laba ini terlihat seperti semut. Hal ini semakin tampak dari tingkah lakunya yang menjulurkan kaki depannya seperti antena, layaknya semut.

Spesies ini telah mengembangkan semacam penangkal agar semut mendeteksi aromanya satu sama lain. Mereka menggunakan kemampuan ini bukan untuk memangsa semut, melainkan memperdaya pemangsa agar menganggap semut tidak enak.

4. Dolofon conifera

Spesies ini dikenal juga sebagai laba-laba pembungkus, mampu melilit dahan pohon serta meratakan tubuhnya pada tempatnya berada. Dengan begitu, laba-laba ini tidak dapat dibedakan dengan tumpukan tumbuhan yang ada di sekitarnya. Hal ini dikarenakan perut spesies Dolofon conifera yang cekung sehingga mampu memeluk dahan pohon yang bulat.

5. Celaenia excavata

Spesies laba-laba ini tergolong unik karena mampu berkamuflase dengan wujud tubuhnya seperti kotoran burung. Hal ini terbukti sangat efektif karena kebanyakan pemangsa tidak akan memperdulikannya.

Mereka tidak akan tertarik dengan setumpuk mirip kotoran burung. Maka dari itu, spesies ini bisa berada di mana saja bahkan dalam keadaan terang hari sekalipun. Keunggulan laba-laba ini juga memudahkannya untuk mengelabui mangsa yang tidak menyadarikeberadaannya.