Hakuto-R, Pesawat Ruang Angkasa Swasta Pertama Bersiap Mendarat di Bulan

Senin, 24 April 2023 - 23:43 WIB
loading...
Hakuto-R, Pesawat Ruang Angkasa Swasta Pertama Bersiap Mendarat di Bulan
Pesawat ruang angkasa swasta buatan ispace, Hakuto-R Bersiap mendarat di bulan pada 25 April 2023. Foto/ispace/NASA/Space
A A A
TOKYO - Pesawat ruang angkasa swasta buatan ispace, Hakuto-R Bersiap mendarat di bulan pada 25 April 2023 sekitar pukul 12.40 siang. Jika semua berjalan lancar, maka Hakuro-R akan tercatat sebagai pesawat ruang angkasa swasta pertama yang mendarat di bulan .

Hakuto-R direncanakan mendarat di Kawah Atlas yang terletak di tepi luar tenggara Mare Frigoris (Lautan Dingin). Pesawat ruang angkasa Hakuto-R diluncurkan pada Desember 2022 menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dan berada di orbit sekitar 100 kilometer di atas permukaan bulan.

“Jika kondisi berubah, ada tiga lokasi pendaratan alternatif dan tergantung pada lokasi, tanggal pendaratan dapat berubah. Tanggal pendaratan alternatif, tergantung status operasional, adalah 26 April, 1 Mei, dan 3 Mei 2023,” tulis pejabat ispace dikutip dari laman Space, Senin (24/4/2023).



Pesawat ruang angkasa telah mengirim banyak gambar luar biasa dari orbit. Satu gambar yang dipancarkan oleh Hakuto-R menangkap Earthrise yang menakjubkan yang terjadi bersamaan dengan gerhana matahari hibrida minggu lalu. Dalam foto tersebut, bayangan bulan terlihat saat bergerak melintasi muka bumi di Pasifik Selatan.

Pejabat ispace menyebutkan ada beberapa urutan pendaratan dan mencakup beberapa langkah. Di antaranya, pendarat Hakuto-R akan melakukan pembakaran pengereman, menembakkan sistem propulsi utamanya untuk melambat dari orbit.

“Memanfaatkan serangkaian perintah yang telah ditentukan sebelumnya, pendarat akan menyesuaikan sikapnya dan mengurangi kecepatan untuk melakukan pendaratan lunak di permukaan bulan. prosesnya akan memakan waktu sekitar satu jam,” tulis ispace.
Hakuto-R, Pesawat Ruang Angkasa Swasta Pertama Bersiap Mendarat di Bulan


Ikut dalam misi ini adalah rover Rashid mini untuk badan antariksa Uni Emirat Arab (UEA), sistem kecerdasan buatan dari perusahaan Kanada Mission Control, dan sistem pencitraan multi-kamera oleh perusahaan Kanada Canadensys Aerospace.



Astronot UEA Sultan Al Neyadi melalui postingan di Twitter berharap misi berhasil melakukan pendaratan di bulan. Tentu ini menjadi sejarah bagi UEA melakukan pendaratan di bulan. Hanya tiga negara lain yang pernah mendarat di bulan, yaitu Amerika Serikat, Uni Soviet, dan China.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)