Peneliti Ungkap Penciuman Tikus Bisa Mendeteksi TNT Ranjau Darat

Kamis, 27 April 2023 - 16:38 WIB
loading...
Peneliti Ungkap Penciuman Tikus Bisa Mendeteksi TNT Ranjau Darat
Ilustrasi tikus pintar. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Tikus merupakan hewan pembawa penyakit dan dianggap hama oleh masyarakat. Tetapi tidak demikian menurut spesialis perawatan satwa liar Cari Inserra.

Dilansir CBC News, tikus merupakan hewan pintar dan bisa melakukan banyak pekerjaan hebat. Tikus dapat mendeteksi tambang, mengendus operasi penyelundupan, dan mencium bau penyakit.

Matt Galloway dari Kebun Binatang San Diego mengatakan, pihaknya mendapat kiriman tikus dari Apopo, kelompok nirlaba Belgia yang bekerja di Tanzania, untuk melatih tikus raksasa Afrika.



"Tikus dapat mendeteksi tambang, mengendus operasi penyelundupan, dan bahkan mencium bau penyakit," katanya, dikutip dari CBC News, Kamis (27/4/2023).

Hasilnya, penciuman tikus benar-benar bisa diandalkan dan 100 persen akurat. "Dia tidak pernah salah, ketika dia mencari aroma targetnya," jelasnya.

Prestasi tikus yang paling mengesankan adalah, bisa mendeteksi ranjau darat. Apopo memiliki tikus dan penanganan di sejumlah negara, termasuk Vietnam, Angola dan Mozambik.



"Tikus dapat melintasi ladang dan memberi tahu manusia, ketika mereka mengendus TNT ranjau darat," ungkapnya.

Sayangnya, stigma masyarakat terhadap tikus terlanjur buruk. Sebuah studi tahun 2016 dari University of British Columbia bahkan menyatakan, peningkatan populasi tikus membahayakan kesehatan manusia, karena tikus sering membawa penyakit.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2885 seconds (0.1#10.140)