Bukan Bom, Israel Justru Kembangkan Fusi Nuklir untuk Kemaslahatan Umat

Minggu, 30 April 2023 - 06:56 WIB
loading...
A A A
Oded Gour-Lavie, Chief Executive NT-Tao mengatakan mereka telah berhasil menyempurnakan penggabungan dua teknologi itu. Penggabungan itu justru menawarkan sesuatu yang sangat berbeda dibanding tokamak dan stelarator.



“Kami menyempurnakan teknologi tersebut untuk membuat desain baru yang akan beroperasi pada kerapatan plasma yang jauh lebih tinggi, memberi kami kemampuan untuk menghasilkan reaksi fusi dengan bentuk yang jauh lebih kecil daripada sebagian besar solusi lain yang sedang dikembangkan,” tambahnya.

NT-Tao mengatakan penggunaan plasma yang lebih padat akan membuat inti reaktor jadi lebih kecil dibandingkan dua teknologi sebelumnya. Alhasil reaktor yang mereka bauat akan jauh lebih kompak seukuran kontainer. Ukurannya akan jauh lebih kecil daripada proyek fusi lainnya yaitu tokamak dan stelarator.

Untuk gambaran ukuran tokamak di Inggris membutuhkan lokasi seluas 300 hektare. Beda dengan rekator buatan NT-Tao yang hanya seukuran kontainer.

Berkat bentuknya yang lebih sederhana, NT-Tao melihat reaktor fusi nuklir buatan mereka akan jauh lebih bermanfaat buat orang-orang yang tinggal di lokasi terpencil. Lokasi yang kesulitan dengan akses jaringan tenaga listrik.

"Kontainer yang dikirim dapat ditumpuk atau digerakkan untuk membawa energi bersih ke area mana pun yang membutuhkannya," kata Gour-Lavie.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3440 seconds (0.1#10.140)