Reruntuhan Candi Kerajaan Majapahit Muncul di Tepi Sungai usai Banjir Bandang

Kamis, 04 Mei 2023 - 18:39 WIB
loading...
Reruntuhan Candi Kerajaan Majapahit Muncul di Tepi Sungai usai Banjir Bandang
Ilustrasi reruntuhan Candi Kerajaan Majapahit. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pada zaman dahulu, sebelum terbentuk Republik Indonesia, Nusantara terdiri dari pulau-pulau dan tanah yang dikuasai oleh berbagai kerajaan-kerajaan besar.

Hal tersebut tentu dapat dibuktikan dengan berbagai peninggalan sejarah yang ada, seperti candi, arca, maupun prasasti-prasasti yang ada di pulau Jawa.

Namun, ada salah satu hal unik yang ditemukan oleh seorang YouTuber tentang penemuan bebatuan yang diduga reruntuhan bangunan atau batuan candi yang muncul di tepi sungai, yang ada di Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.



Dikutip dari akun YouTube Kuno Brono, dua pria dalam video tersebut menemukan reruntuhan batuan yang diperkirakan sebagai jenis batu andesit dan bekas dari Kerajaan Majapahit.

Bebatuan tersebut terletak tepat di pinggir sungai, dengan aliran yang lumayan deras.

Bebatuan dengan ukuran yang lumayan besar itu bisa terlihat ketika air di sungai surut atau selepas banjir. Berada di bawah pohon-pohon bambu, bebatuan tersebut masih terlihat dalam kondisi baik.

Disamping itu, hal yang sangat disayangkan adalah banyaknya sampah yang dibuang oleh masyarakat sekitar ke sungai. Ada banyak plastik, bahkan berbagai pakaian , serta sampah rumah tangga lainnya.

Meskipun demikian, dugaan tersebut masih belum bisa dibenarkan, karena belum ada penelitian terkait bebatuan yang ada di tepi sungai itu.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3708 seconds (0.1#10.140)