China Kirim Kapal Kargo Tianzhou 6 ke Luar Angkasa, Bawa 1,7 Ton Propelan ke Tiangong

Kamis, 11 Mei 2023 - 17:58 WIB
loading...
China Kirim Kapal Kargo Tianzhou 6 ke Luar Angkasa, Bawa 1,7 Ton Propelan ke Tiangong
China mengirimkan kapal kargo keluar angkasa untuk memenuhi pasokan logistik para astronot dan bahan bakar di Stasiun Luar Angkasa Tiangong. Foto/CCTV/Space
A A A
BEIJING - China mengirimkan kapal kargo keluar angkasa untuk memenuhi pasokan logistik para astronot dan bahan bakar di Stasiun Luar Angkasa Tiangong . Pesawat ruang angkasa robot Tianzhou 6 membawa 1,7 ton propelan dan 500 kilogram logistik.

Kapal kargo Tianzhou 6 lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di pulau Hainan Rabu 10 Mei 2023. Kapal kargo Tianzhou diluncurkan menggunakan roket Long March 7 menuju ke Tiangong berbentuk T.

“Peluncuran tersebut berhasil mengirim pesawat ruang angkasa ke orbit yang telah ditentukan," keterangan dari China Academy of Launch Vehicle Technology dikutip dari laman Space, Kamis (11/5/2023).



Tianzhou 6 dikemas untuk membawa pakaian, air minum, dan makanan, untuk tiga astronot kru Tiangong dari misi Shenzhou 15. Akomodasi ini juga untuk cadangan bagi astronot Shenzhou 16 yang segera diluncurkan.

Misi Shenzhou 15 diluncurkan November lalu dan dijadwalkan kembali ke Bumi bulan ini. Tiga astronot Shenzhou 16 akan menggantikan pendahulunya di Tiangong.

Selain itu, Tianzhou 6 membawa 1,7 ton propelan (bahan bakar pendorong roket), sebanyak 1.540 pound (700 kilogram) di antaranya akan dikirim ke Tiangong. Pasokan bahan bakar ini akan memungkinkan stasiun luar angkasa Tiangong untuk terus mempertahankan posisinya di orbit.

Tianzhou 6 menandai misi pertama untuk versi pesawat ruang angkasa baru yang lebih baik dari kapal kargo sebelumnya. Misalnya, segmen kargo bertekanan Tianzhou 6 dapat menampung muatan sekitar 500 kilogram lebih banyak daripada pesawat ruang angkasa sebelumnya.



Kapasitas tambahan ini memungkinkan China untuk meluncurkan misi pasokan ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong rata-rata setiap delapan bulan. Berbeda dengan sebelumnya, setiap enam bulan dengan kapal kargo model lama.

Pesawat ruang angkasa Tianzhou 6 adalah yang pertama dari tiga misi yang dijadwalkan diluncurkan ke Tiangong pada tahun 2023. Dua lainnya adalah Shenzhou 16 dan Shenzhou 17, yang masing-masing ditargetkan lepas landas bulan ini dan menjelang akhir tahun.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)