China Sukses Uji Coba Mesin Baru untuk Roket Raksasa Misi ke Bulan

Kamis, 11 Mei 2023 - 18:52 WIB
loading...
China Sukses Uji Coba Mesin Baru untuk Roket Raksasa Misi ke Bulan
China sukses menyelesaikan uji coba mesin untuk roket besar yang ditujukan sebagai misi eksplorasi ke bulan. Foto/Space/CAST
A A A
BEIJING - China sukses menyelesaikan uji coba mesin untuk roket besar yang ditujukan sebagai misi eksplorasi ke bulan . Pelaksanaan uji dilakukan di Tongchuan di provinsi barat laut Shaanxi pada tanggal 24 April 2023.

Tempat pengujian ini merupakan yang terbesar di Asia dan dirancang untuk menangani pengujian mesin dengan daya dorong yang sangat tinggi. Fasilitas itu dibangun di lereng bukit, memungkinkan pembuangan roket panas diarahkan dengan aman ke dasar lembah terpencil di bawah.

Tempat uji dirancang untuk mendukung daya dorong dasar sebesar 700 ton. Mesin yang diuji coba merupakan yang terbesar di Asia dengan propelan cair.



China telah mengembangkan mesin yang mampu mendorong 500 ton sebagai bagian dari rencananya untuk membangun roket angkut super berat untuk misi ke bulan di masa depan.

China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) mengungkapkan saat ini sedang mengembangkan kendaraan peluncuran seri Long March 9 dan Long March 10 besar baru. Roket ini untuk eksplorasi luar angkasa, misi ke bulan berawak, dan pembangunan infrastruktur luar angkasa.
China Sukses Uji Coba Mesin Baru untuk Roket Raksasa Misi ke Bulan


China juga sedang mengerjakan penjelajah baru yang akan mulai menjelajahi kutub selatan bulan sekitar tahun 2026. Misi Chang'e 7 adalah bagian dari fase baru eksplorasi bulan China yang baru-baru ini disetujui yang akan menargetkan kutub selatan dan sisi jauh bulan.

Chang'e 7 akan terdiri dari pengorbit, pendarat, penjelajah, dan detektor terbang kecil yang dapat bergerak ke kawah gelap untuk mencari bukti air es. Misi ini juga akan didukung oleh satelit relai komunikasi baru.



Penjelajah misi akan dibangun di atas penjelajah Yutu dan Yutu 2 bertenaga surya seberat sekitar 140 kilogram dari misi pendaratan di bulan Chang'e 3 dan Chang'e 4. “Rover Chang'e 7 sedikit lebih besar daripada skala Chang'e 4,” kata Wakil Kepala Desainer Chang'e 7 Tang Yuhua, dari Lunar Exploration and Space Engineering Center of China, kepada CCTV.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)